Posted: 29 Februari 2008 13:16:00 by UKSW BeritaNet.com | Dilihat 3863 kali

(SALATIGA, www.uksw.edu) Komunitas Penulis Mahasiswa "Pointer" Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melakukan pelatihan penulisan buku kepada calon-calon penulis muda UKSW. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2008 bertempat di Gedung Program professional UKSW.

Komunitas POINTER yang didirikan pada tahun 2004 oleh beberapa dosen di PP-TI, FTI, FTE serta didukung oleh Bagian Kemahasiswaan PR III UKSW, merupakan komunitas yang anggotanya terdiri dari mahasiswa di lingkungan UKSW yang memiliki minat untuk mempelajari sekaligus mempublikasikan informasi tentang dunia Internet dan Komputer. Publikasi bisa dilakukan dalam bentuk penulisan populer, jurnal ilmiah maupun penulisan buku. Komunitasi ini telah menjalin kerjasama baik dalam bentuk pelatihan ataupun kerjasama penerbitan dengan beberapa penerbit, diantaranya adalah Penerbit Andi, Penerbit Elexmedia, Grava media, Graha Ilmu dan beberapa penerbit lainnya.

Menurut Teguh Wahyono, dosen Teknik Informatika yang juga Pembina komunitas ini, sampai saat ini belasan buku karya mahasiswa telah berhasil diterbitkan di beberapa penerbit. Beberapa buku yang telah diterbitkan tersebut antara lain adalah Kupas Tuntas Harddisk (Paulus Joko, Gava Media, 2005); Belajar Pemrograman dengan 3 Bahasa (Yosua Onesimus, Gava Media, 2005); Petualangan Bahasa C (Jasson P, Penerbit Andi, 2006); Strategi Bahasa Assembler (Jasson P, Gava Media, 2007); Kupas Tuntas Monitor (Wahyu Ika Yunianto, Gava Media, 2007), Pembuatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Visual Basic .NET 2005 (Leonard Pujiatmoko, Gava Media, 2007), Langkah Mudah Mengedit Video dengan Ulead Video Studio (C Kurniawan, Gava Media, 2007) dan beberapa judul yang lain sedang dikerjakan untuk penerbitan tahun 2008.

Sumber : BPHL UKSW


Komentar Anda

Artikel terkait