Posted: 25 April 2009 07:24:11 by James Gwee BeritaNet.com | Dilihat 2744 kali

Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang eksekutif untuk meningkatkan kariernya dengan cepat adalah kemampuannya berbi¬cara dengan baik dan menyampaikan presentasi dengan mengesankan.
Ada beberapa alasan mengapa kemampuan bicara sangat penting:

  • Dalam organisasi yang besar, atasan sering tidak mengenal setiap stafnya. Dengan demikian, menyampaikan presentasi yang menarik perhatian ketika big boss berada di tengah rekan kerja adalah cara terbaik dan tercepat agar ia mengenal dan melihat kemampuan Anda. Jika Anda melewatkan kesempatan emas ini, bos Anda tidak akan mengenal Anda sehingga Anda harus melewati jalur birokrasi yang bertele-tele untuk mendapatkan promosi.
  • Saya telah bertemu banyak orang dengan ide-ide cemerlang. Sayangnya, mereka tidak mampu menjelaskan ide-ide mereka secara logis dan terstruktur. Mereka tidak mampu meyakinkan bahwa idenya cemerlang. Akibatnya, orang tidak tertarik dengan ide mereka sehingga idenya menjadi sia-sia.
  • Orang yang memiliki kemampuan berbicara bagus sering menjadi pusat perhatian. Ia mungkin bukan orang paling pintar dan kompeten di perusahaan. Namun, ia justru sering mendapat promosi dan kesempatan yang lebih baik daripada karyawan yang lebih kompeten, tapi low profile.
  • Dengan kemampuan berbicara secara efektif, Anda akan semakin percaya diri. Anda tidak perlu takut terus-menerus… khawatir jika tiba-tiba dipanggil untuk presentasi Anda belum siap!

Saya berharap bisa memberikan cukup alasan kepada Anda agar mau belajar menyampaikan presentasi yang mengesankan. Kemampuan ini penting bagi:

Manajer/Supervisor—Karena Anda harus menyampaikan pengumuman rutin kepada bawahan Anda tentang perubahan kebijakan, peraturan, prosedur, produk baru, dll. Kemampuan Anda menyampaikannya dengan jelas dan meyakinkan menjadi faktor kunci apakah bawahan Anda menerima setiap perubahan dengan senang hati atau menolaknya. Jika Anda mampu meyakinkan mereka, pekerjaan Anda akan jadi mudah. Sebaliknya, jika Anda gagal meyakinkan mereka, Anda akan pusing tujuh keliling!

Sales dan Marketing—Ini merupakan kemampuan vital yang harus Anda kuasai karena salah satu tugas Anda adalah mempresentasikan tawaran/proposal kepada calon klien. Kemampuan Anda menyampaikan presentasi yang berkesan sangat berpengaruh pada kesempatan untuk memperoleh order. Pada tahun-tahun awal saya memulai bekerja dalam bidang ini dan orang belum mengenal saya, tugas terbesar saya adalah menjelaskan kepada klien-klien saya apa yang akan saya lakukan/sampaikan selama training/seminar. Kemampuan menyampaikan dengan jelas dan meyakinkan ini telah membantu saya mendapatkan order sepanjang tahun.

Mengatur Suasana

Sebuah presentasi dapat dibagi dalam beberapa bagian, yaitu: pembukaan, isi, dan penutup.
Pada bagian pembukaan, kedua pihak (Anda dan pendengar) mulai saling berkenalan. Pengalaman saya, sering kali justru para pendengar menunggu sinyal dari pembicara. Jika pembicaranya santai dan riang, pendengar akan santai dan riang juga. Sebaliknya, jika pembicaranya serius, pendengar akan serius juga. Hal ini mudah dimengerti karena jika pembicara serius, tetapi pendengarnya santai, riang, dan bercanda, akan terkesan tidak sopan dan tidak menghormati pembicara.

Intinya, ANDA yang mengendalikan suasana presentasi. Pendengar Anda menanti “instruksi” Anda – apakah mereka jadi santai atau serius. Mereka bergantung pada Anda, bukan Anda yang bergantung pada mereka!
Inilah salah satu alasan mengapa “ice-breakers” sangat penting. Tujuan ice-breakers adalah mencairkan suasana. Caranya dengan mengajak hadirin melakukan sesuatu, seperti: tertawa, mengangkat tangan, berputar, berdiri, dan menjawab pertanyaan.

Saat para pendengar telah melakukan salah satu hal di atas, secara otomatis mereka akan lebih santai, aliran darah lebih lancar, dan lebih siaga –siap mendengarkan apa yang Anda sampaikan. Mereka mendengarkan Anda dengan lebih santai dan riang karena Anda telah mengontrol “suasana” presentasi Anda.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencairkan suasana? Ide-ide untuk itu tak terbatas! Saya akan memberikan beberapa ide ice breakers pada edisi berikutnya.

 


Komentar Anda

Artikel terkait