Posted: 22 November 2007 09:45:00 by Ari Satwuri BeritaNet.com | Dilihat 16184 kali

JL. Beo no. 38 Yogyakarta, 55182
Telp. (0274) 561881, 7882841

Saat ini sedang marak berkembang industri kartun komik Jepang di berbagai belahan, terutama di Asia, dan tak terkecuali di Indonesia. Komik Jepang atau yang lebih dikenal dengan istilah Manga, adalah jenis komik yang menggunakan tipe gambar yang sederhana dan lebih dapat diterima serta digemari oleh anak-anak. Berangkat dari sinilah SORA Manga School didirikan.

SORA Manga School merupakan sekolah menggambar komik Jepang atau yang lebih dikenal dengan istilah Manga. Di SORA Manga School, anak diajarkan bahwa menggambar bukanlah suatu kegiatan yang menyita waktu anak untuk belajar. Jika diolah dengan benar, dengan menggambar dapat mengembangkan otak anak untuk lebih pandai dalam berkreasi dan menciptakan hal - hal baru yang positif. Selain itu menggambar juga telah terbukti dapat melatih kesabaran anak dan membuat anak lebih menghargai keindahan.

SORA Manga School akan membantu para anak untuk, agar dapat mengembangkan bakat seni dan gambar dengan metode “Mengembangkan kemampuan seni dari dalam dengan teknik yang benar”. Metode menggambar yang diajarkan melalui SORA Manga School tidak berbeda dengan metode gambar yang dipakai oleh komikus-komikus asli dari Jepang. Selain itu SORA Manga School mempunyai Kurikulum Step by Step dengan buku panduan Guide To Draw Manga (Penerbit Andi) karya asli dari pengajar SORA Manga School.

Visi dari SORA Manga School sendiri adalah menjadi sekolah gambar manga / komik Jepang terbaik se-Yogyakarta, sekaligus menghasilkan lulusan komikus-komikus lokal yang hasil karyanya diakui secara nasional dan mampu bersaing dengan komikus - komikus dari luar negeri.

Sedangkan Misi dari SORA Manga School adalah membangkitkan dan meningkatkan kreativitas para mangaka / komikus lokal, sehingga mampu menciptakan karya yang diakui oleh nasional dan mampu bersaing dengan komikus - komikus dari luar negeri. Disamping itu SORA Manga School juga mempunyai misi untuk mengajar dan membuat orang yang merasa tidak mempunyai bakat menggambar manga menjadi orang yang ahli menggambar manga.

Adapun Jenis Kelas yang dibuka di SORA Manga School meliputi :

1. Kelas Reguler  
 Materi :  
 Level 1: Menggambar Wajah 
 Level 2: Menggambar Tubuh 
 Level 3: Menggambar Background 
 Level 4: Menggambar Komik 
 Lama Pembelajaran :  
  Satu level = 8 pertemuan (sesi) 
  Satu minggu = 2 kali atau 3 kali pertemuan 
  Satu pertemuan = 1,5 jam (90 menit) 
   
2.Kelas Intensif * 
 Materi :  
 Level 1-3: Menggambar Wajah 
 Level 4-6: Menggambar Tubuh 
 Level 7-9: Menggambar Background 
 Level 10-12: Menggambar Komik 
 Lama Pembelajaran :  
  Jadi total pertemuan = 12 pertemuan (sesi) 
  Pertemuan = 1x seminggu 
  1 Pertemuan = 1,5 jam (90 menit) 
  Lama pembelajaran = 3 bulan 
  Minimal peserta = 8 anak 

*) Kelas Intensif dapat juga diselenggarakan juga di sekolah-sekolah formal, atau di lingkungan edukasi lain, selain di SORA Manga School (/.dna)


Komentar Anda

Artikel terkait