Posted: 14 September 2018 15:20:57 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 1713 kali

Beberapa waktu lalu, Toyota diketahui menyuntik dana sebesar USD 500 juta atau sekitra Rp 7,3 triliun ke Uber. Kini, kerjasama keduanya tak terbatas pada investasi saja. Kabar terbaru menyebut, pabrikan otomotif Jepang itu juga menggaet startup asal San Fransisco itu untuk pengembangan mobil otonom. Mobil tanpa pengemudi itu nantinya akan digunakan dalam jaringan transportasi online Uber.

Kerjasama ini dinilai sebagai jurus keduanya mengejar ketertinggalan mereka di pasar mobil otonom. Sampai saat ini sudah banyak perusahaan yang coba mengerjakan mobil otonom. Salah satunya yang paling terkenal adala Waymo, sebuah perusahaan yang berada di bawah Alphabet—tak lain merupakan induk perusahaan Google.

Merujuk pada pernyataan resmi keduanya, teknologi mobil otonom hadil kolaborasi itu akan diintegrasikan dalam mobil buatan Toyota. Disebutkan bahwa mobil otonom itu akan didasarkan pada model Sienna Minivan.

Pengujian mobil tanpa pengemudi tersebut baru akan dilakukan pada 2021 mendatang. Menanggapi hal ini, eksekutif Vice President Toyota Motor Corporation, Shigeki Tomoyama mengatakan kesepakatan investasi ini menjadi penanda penting dalam transformasi keduanya menjadi perusahaan mobilitas dan ekspansi  layanan mobilitas, termasuk ride sharing.

"Persetujuan dan investasi ini menjadi penanda penting dalam transformasi kami untuk menjadi perusahaan mobilitas seiring dengan usaha kami untuk memberikan jalan yang aman untuk ekspansi dari layanan mobilitas seperti layanan ride-sharing," katanya.

Sementara itu, Uber belakangan mulai mengurangi pengujian mobil otonomnya. Hal itu dilakukan setelah terjadinya kecelakaan di Arizona, Amerika Serikat pada Maret lalu.

Uber sendiri merupakan perusahaan yang tergolong ramai penolakan. Layanannya kerap kali ditolak di wilayah yang disambanginya. Permasalahan izin dari otoritas setempat kerap menjadi biang masalah tersebut. Perusahaan ini bahkan didemo di markasnya sendiri di San Fransisco.


Komentar Anda

Artikel terkait