Posted: 14 September 2018 14:45:21 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 63 kali

Rumor tentang penerus Samsung Galaxy S9 sudah muncul. Konon, Galaxy S10—demikian kemungkinan ponsel itu disebut, akan mengusung fitur pemindai sidik jari dilayar. Isu yang berkembang, fitur itu akan hadir dalam 3 varian seri tersebut.

Meski demikain, dia varian akan menggunakan sensor sidik jari ultrasonic yang lebih canggih. Sumber dalam dari industri layar menyebut, model paling dasar dari Galaxy S10 akan mengusung sensor sidik jari pada layar. Warta lain yang berhembus, Samsung akan memasang sensor optik untuk menekan harga. Sementara penerus duo Galaxy S9 akan hadir dengan sensor sidik jari ultrasonic. Kemungkinan Qualcomm akan menjadi penyuplai sesnsor tersebut.

Sementara itu, sensor sidikjari oprik mayritas digunakan di industri smartphone, mengambil gambar 2D dari sidik jari pengguna. Berbeda dengan sensor sisik jari ultrasonic yang akan membuat peta 3D dari sidik jari pengguna. Hal ini memungkinkan sensor ultrasonic memetakan sidik jari secara lebih akurat.

Kinerja sensor optik seperti kamera karena ia hanya menangkap gambar 2D dari sidik jari pengguna. Tak mengherankan jika fitur itu mudah dikelabuhi. Tak hanya itu, fitur ini juga akan mudah terganggu oleh keringat dan cahaya.

Meski demikian, sensor optic masih banyak dipakai sampai saat ini oleh para vendor. Alasan harga yang lebih murah menjadi pertimbangan masih digunakannya sensor ini. Pabrikan Tiongkok seperti Huawei dan Vivo diketahui juga masih menggunakan fitur ini.

Sementara itu, selain sensor pemindai sidik jari, belakangan vendor mulai membekali dengan face unlock atau pemindai wajah. Pemindai iris mata juga acap kali ditambahkan, dibandingkan pemindai sidik jari, kedua pemindai disebut belakangan dinilai lebih mumpuni karena memiliki akurasi lebih tinggi.


Komentar Anda

Artikel terkait