Posted: 31 Juli 2018 09:01:20 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 56 kali

Twitter dalam waktu dekat ini mengambil langkah tegas bagi pengguna atau akun yang punya jejak negatif dalam berkomentar saat video live streaming di Periscope. Twitter tak segan-segan untuk memblokir akun-akun tersebut secara bertahap jika memang masih melanggar aturan yang telah disediakan. Tindakan tegas ini diambil karena semakin banyak akun tak bertanggung jawab yang melayangkan komentar negatif dan tak sesuai aturan pada video yang ditayangkan di Periscope. Tak sedikit komentar tersebut kemudian memicu perdebatan yang berujung pada perselisihan antar-pengguna.

Proses pemblokiran akun-akun tersebut akan dimulai pada 10 Agustus 2018 mendatang. Sebelum melakukan pemblokiran, Twitter akan me-review terlebih dahulu jejak komentar dari setiap akun yang terdaftar. Pengguna lain pun bisa ikut berkontribusi dalam proses ini dengan melaporkan akun-akun yang seringkali berkomentar negatif dan tak sesuai aturan. Upaya ini merupakan bagian dari pemberantasan akun-akun penyebar spam yang telah dimulai Twitter beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut laporan, selama dua bulan terakhir Twitter sudah memblokir 70 juta akun yang terindikasi sebagai akun palsu yang bisa berkicau otomatis. Pemblokiran masif seperti ini sejatinya dikhawatirkan bakal menyebabkan pengguna Twitter di kuartal kedua 2018 menurun. Namun ternyata hal kekhawatiran tersebut tak mengendurkan upaya Twitter.

Twitter menegaskan fitur chat atau obrolan di live streaming Periscope seharusnya memberi pengalaman menonton yang aman bagi broadcaster dan penontonnya. Bukan malah membuat suasana menjadi panas dan memicu perseteruan. Dengan kebijakan ini, Twitter berharap akan terus dapat menjadi tempat berpendapat yang bebas dan aman.


Komentar Anda

Artikel terkait