Posted: 18 Juli 2018 08:55:51 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 64 kali

Meski pasar tablet tak menggairahkan, tetapi tak menyurutkan langkah Microsoft merilis tablet baru. Terbaru, rakasasa software itu dikabarkan memperkenalkan Surface Go, sebuah tablet yang beroperasi dengan sistem operasi Windows 10. Dilihat dari penampilannya, perangkat ini mirip dengan Surface Pro yang lengkap hadir dengan kickstand.

Layaknya Android Go yang menandari ponsel Android berharga murah, embel-embel Go pada Surface ini juga menunjukkan sebagai varian tablet Surface yang ramah di kanrong. Rencananya, perangkat tersebut akan dijual 399 dollar AS atau setara dengan Rp 5,7 juta. Harga ini sebanding dengan iPad dan menggunakan OS desktop seperti MacBook. Tak mengherankan jika Surface Go pun disebut-sebut sengaja dikeluarkan untuk menantang lini tablet Apple.

Surface Go mengusung layar 10 inci dengan aspek rasio 3:2 dan beresolusi 1800 x 1200 piksel. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera depan yang juga bisa sebagai pemindai wajah yang diletakkan pada bagian atas layar. Mirip dengan MacBook, perangkat ini juga dilengkapi dengan port USB 3.1 yang bisa berfungsi mengisi daya, memindahkan file hingga menayangkan video ke perangkat eksternal.

Fitur lain dari Sirface Go adalah Surface Connector yang membuatnya bisa menempel ke docking atau keyboard. Dibandingkan dengan seri Pro, Surface Go ini memiliki bezel lebih tebal. Hal ini membuatnya tak bisa menandingi iPad yang hadir dengan bezel less.

Beranjak ke sektor jeroan. Surface Go mengandalkan kinerjanya pada prosesor Intel Pentium Gold 4415 Y. Prosesor ini merupakan generasi ke-7 dan memiliki dua inti CPU. Keunggulan dari chip ini adalah desainnya yang tipis, mampu membuat kinerja perangkat seimbang, tetapi tak rakus daya.

Selain beberapa fitur di atas, Microsoft juga menyiapkan aksesori pelengkap bagi Surface Go. Beberapa diantaranya adalah keyboard, stylus Surface Pen untuk menulis, serta Surface Mobile Mouse.

Surface Go hadir dalam dua konfigurasi RAM dan ROM. Pertama, versi dengan RAM 4 GB yang ditandemkan dengan memori internal 64 GB. Varian ini dijual 399 dollar AS. Sementara varian lainnya menggunakan RAM 8 GB yang dikawinkan dengan memori internal 128 GB yang dilepas 549 dollar AS.

Soal sistem operasi, Microsoft memilih menyematkan Windows 10 mode S di Surface Go. Hal ini berdampak pada kemampuan pengguna yang hanya bisa mengakses browser Edge dan aplikasi yang ada di Microsoft Store. Meski demikain, pengguna yang ingin beralihke versi Windows 10 gratis juga bisa.

Perangkat ini sudah mulai bisa dipesan mulai 10 Juli 2018. Meski demikian, pengiriman baru akan dilakukan ke berbagai negara pada Agustus mendatang. Kabarnya, perangkat ini hanya akan tersedia di beberapa negate seperti AS, Kanada, Perancis, Jerman, Australia dan Selandia Baru. Namun, tersiar rumor jika Microsoft juga akan memboyong perangkat tersebut ke sejumlah negara Asia, diantaranya, Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, serta Hong Kong.


Komentar Anda

Artikel terkait