Posted: 05 Juli 2018 13:16:59 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 63 kali

Huawei semakin menunjukkan kekuatannya di pasar smartphone. Pabrikan Tiongkok ini mampu bertengger di posisi ketiga dunia dalam hal pangsa pasar smartphone. Merujuk pada data dari firma riset Counterpoint, pembesut seri Honor ini mampu menguasai pangsa pasar 11 persen di pasar smartphone global pada kuartal pertama 2018.

Posisi Huawei hanya tertinggal 4 persen dari Apple yang meraih market share 15 persen. Sementara Samsung masih memimpin pasar dunia dengan pangsa pasar 22 persen. Dalam daftar tersebut, masuk pula beberapa nama vendor Asia Timur, seperti LG, Vivo, Oppo dan Xioami.

Masih melanjutkan soal keberhasilan Huawei menguasai posisi ketiga pasar smartphone dunia. Counterpoint juga menyebutkan di kawasan Eropa dan Amerika Latinserta Amerika Selatan, Huawei berjasil meraih peringkat ketiga pada kuartal pertama 2018. Pada periode yang sama, di kawasan Timur Tengah meraih posisi keempat.

Hebatnya, Huawei mampu merajai pasar Asia. Raihan ini terbilang menakjubkan mengingat ketatnya pasar Asia. Seperti diketahui, Asia Timur merupakan negerinya para vendor smartphone. Di Korea Selatan Samsung dan LG adalah nama yang paling menggema. Di Taiwan ada Asus, sedangkan di China ada banyak nama yang cukup dikenal dunia. Di negeri asal Huawei ini, terdapat beberapa nama yang tak bisa diabaikan kiprahnya di pasar smartphone. Sebut saja, Xioami, Vivo, Oppo.

Dalam daftar yang dirilis Counterpoint, tampak Xiaomi meraih 8 persen pangsa pasar. Selisih tipis dengan pabrikan besutan Lei Jun itu, Opo bertengger tepat di belakangnya dengan market share 7 persen. Menyusul kemudian Vivo yang meraih pasar 5 persen.

Meski mampu mengibarkan ‘bendera’ di banyak belahan dunia, Huawei belum berhasil ‘menaklukkan’ Amerika Utara dan Amerika Serikat. Sialnya lagi, Huawei malah dilarang berbisnis di negara tersebut karena alasan geopolitik.


Komentar Anda

Artikel terkait