Posted: 13 Juni 2018 12:53:46 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 53 kali

Kasus hukum kembali harus dihadapi Apple. Kali ini, masalahnya bersumber dari tudingan penjiplakan logo Siri Shortcut. Dalam gelaran ajang developer tahunan WWDC beberapa waktu lalu, perusahaan berlogo apel groak ini memperkenalkan Siri Shortcut sebagai salah satu fitur baru di iOS 12.

Baru hitungan hari hal tersebut diperkenalkan, tetapi Apple sudah dihadapkan masalah baru. Pasalnya, logo Shortcut Siri dinilai menjiplak logo startup asal Inggris, Shift. Perusahaan ini mengklaim logo Shortcut Siri sangat mirip dengan logonya, sehingga berpotensi menciptakan kebingungan publik.

Shift pun lantas melayangkan somasi ke pabrikan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu. Dua opsi pun disodorkan, apakah Apple ingin mengubah logo tersebut atau memilih membayar kerugian hak kekayaan intelektual senilai 150.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,8 miliar.

Atas kejadian ini, pihak Shift menyayangkan karena pihaknya telah banyak melakukan upaya untuk membuat aplikasinya dikenal publik dan diunduh. "Klien kami telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk mengiklankan serta mempromosikan Shift sebagai aplikasi yang layak untuk diunduh," ungkap kuasa hukum yang mewakili Shift. Pelanggan pun telah mengenali merek dagang kami, alhasil, merek dagang ini menjadi nilai dan aset yang dimiliki oleh Shift," terangnya.


Komentar Anda

Artikel terkait