Posted: 13 Juni 2018 11:29:31 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 59 kali

Mudik telah menjadi tradisi di Indonesia jelang perayaan Lebaran atau Idul Fitri setiap tahunnnya. Momen ini tak hanya membuat pusat perbelanjaan dan raya berjubel, tetapi juga ranah komunikasi. Intensitas komunikasi para pemudik tak pelak membuat trafik komunikasi dari berbagai operator telekomunikasi melonjak. Menanggapi hal ini, Indosat Ooredoo pun melakukan sejumlah jurus demi menjaga agar jaringannya tetap aman selama musim mudik Lebaran 2018.

Persiapan itu dilakukan mulai dari jauh-jauh hari dari optimasi jaringan, pemanfaatan spectrum terbaru hingga memberikan paket layanan menarik. Khusus untuk periode mudik Lebaran tahun ini, Indosat pun meningkatkan kapasitan layanan data, suara dan SMS. Hal ini dilandasi pertimbangan, trafik telekomunikasi cenderung meningkat dibandingkan hari biasa.

Layanan data ditingkatkan menjadi 11.393 terabyte per hari untuk mengantisipasi puncak kenaikan trafik data yang ditengarai menembus 83,7 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan juga dilakukan pada layanan suara dan SMS masing-masing 37,49 Erlang per hari dan 1,01 milyar SMS per hari.

Selain persiapan di atas, operator yang identik dengan warna kuning ini juga menggunakan spectrum baru untuk LTE di frekuensi 2,100 MHz dan optimasi jaringan secara otomatis dengan Self Organizing Network (SON). Kombinasi LTE di 1.800 MHz eksisting dengan LTE di 2.100 MHz yang baru dengan Carrier Aggregation memungkinkan pelanggan memanfaatkan kedua spektrum tersebut dengan optimal. Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan kualitas dan kecepatan yang lebih baik baik dalam mengakses aplikasi atau hiburan termasuk sosial media selama musim mudik tahun ini.

Sementara itu, untuk memastikan jariangannya aman di jalu-jalur mudik, Indosat mengimplementasikan SON. Berbagai upaya yang dilakukan tersebut diharapkan bisa membuat para pemudik tetap mendapatkan pengalaman komunikasi terbaik selama musim Lebaran dan Liburan tahun ini.

"Berbagai upaya dilakukan sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan mudik serta perayaan Lebaran dan libur Lebaran. Kami ingin pelanggan tetap menikmati pengalaman terbaik di saat-saat penting mereka berkumpul, bersilaturahmi dan menikmati libur Lebaran," kata Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/6/2018) sebagaimana dikutip dari detikINET.


Komentar Anda

Artikel terkait