Posted: 12 Juni 2018 13:27:07 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 62 kali

Samsung bisa dibilang sebagai pabrikan smartphone pertama yang membuat ponsel berlayar lengkung. Belakangan, tren itu pun mulai diikuti banyak vendor lain. Tak hanya pabrikan asal Korea Selatan—yang merupakan asal Samsung, tetapi juga vendor di China. Gosip terbaru menyebut, Oppo juga akan mengeluarkan ponsel cerdas berlayar lengkung.

Desas-desus ini menjadi semakin santer seiring munculnya kabar bahwa Samsung akan menjadi pemasok layar ke vendor asal Negeri Tirai Bambu itu. Unit layar yang dikirim bertipe OLED fleksibel dengan ukuran 6,4 inci. Konon, pengiriman layar tersebut telah dimulai pada Juni 2018.

Apabila kabar ini benar, kemungkinan Oppo juga akan melenggangkan ponsel dengan desain layar melengkung di dua sisi seperti halnya pada lini Galaxy milik Samsung. Seperti diketahui, varian Galaxy yang menggunakan layar lengkung memiliki embel-embel nama “edge”. Sebut saja seperti Galaxy S6 Edge atau Galaxy S7 Edge. Namun, adopsi yang terus dilakukan membuat Samsung tak lagi menyematkan embel-embel “Edge” pada varian smartphone terbarunya yang menggunakan layar lengkung.

Sementara itu, sampai saat ini masih belum diketahui nama yang digunakan Oppo untuk ponsel layar lengkungnya itu. Satu hal yang jelas, pabrikan yang masyur dengan ponsel selfie ini harus kreatif membuat nama agar tak sama dengan Samsung dan menunjukkan eksistensinya sendiri (bukan sekedar meniru).

Hal yang perlu dicatat bahwa Samsung mengeluarkan seri ponsel pintar layar lengkung di kelas high-end. Artinya, kemungkinan besar Oppo juga akan mengeluarkan smartphone sendada di kelas yang sama. Soal harga, jelas akan lebih mahal dibandingkan dengan panel normal. Hal ini mengingat layar OLED juga harganya 5 kali lipat dibandingkan panel biasa. Android Authority melansir, harga per layar lengkung 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta).

Di luar informasi di atas, masih belum banyak kabar lain yang menyorot ihwal rencana Oppo membuat ponsel berlayar lengkung. Rumor berkembang menyebut ponsel itu akan memulai debutnya pada  Juli atau Agustus 2018. Apabila hal ini benar, kita tak perlu menunggu lama lagi Oppo mengeluarkan kejutannya.

Sementara itu, kerjasama Oppo dan Samsung terkait layar bukan hal yang baru. Bisnis layar antara keduanya sudah dilakukan sebelumnya. Namun, kerjasama dalam hal  panel OLED Edge baru kali ini dilakukan.


Komentar Anda

Artikel terkait