Posted: 12 Juni 2018 13:24:05 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 63 kali

Hoaks atau berita palsu masih menjadi masalah pelik yang dihadapi di dunia maya, termasuk media sosial Facebook. Maraknya kabar bohong di media sosial miliknya, membuat raksasa jejaring sosial ini turun tangan mengatasinya. Salah satu langkah yang dilakukan dengan mencai “ahli penerbit berita”.

Ahli itu nantinya akan bertugas memerikan konten yang muncul di media sosialnya. Demikian setidaknya mengacu pada iklan lowongan pekerjaan yang ditemukan The Guardian.

Si Ahli itu nantinya akan ditempatkan di markas besar Facebook di Menlo Park, California. Jejaring sosial berlogo huruf “F” itu awalnya menyebut mencari ”ahli kredibilitas berita”. The Guardian juga mencatat lowongan ini juga menjadikan syarat “ketertarikan pada jurnalisme” sebagai syarat, tetapi kini syarat itu telah dihapus.

Sementara itu, upaya lain yang dilakuakn Facebook menghadari ‘serbuan’ hoaks bukan kali ini saja dilakukan. Sebelumnya, media sosial dengan 2 miliar pengguna di dunia ini sudah bekerja sama dengan organisasi pemeriksa fakta hingga iklan di koran.

Kabar bohong sendiri mulai marak di Facebook sejak 2016 lalu. Hal itu terjadi pasca Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa dan pemilihan presiden di Amerika Serikat.


Komentar Anda

Artikel terkait