Posted: 30 Mei 2018 08:56:30 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 45 kali

Apple dalam waktu dekat ini dikabarkan sedang merancang chip Near Field Communication (NFC) iPhone yang memiliki kemampuan untuk membuka pintu rumah. Tidak hanya difokuskan untuk membuka pintu rumah, chip tersebut bahkan diklaim dapat membuka pintu mobil dan membayar ongkos kendaraan umum seperti kita menggunakan kartu e-money. Dengan adanya perilisa chip tersebut, hal ini merupakan salah satu langkah Apple untuk bersiap memperkenalkan pembaruan besar untuk chip NFC di perangkatnya. Sebelumnya, chip tersebut sebagian besar hanya dipergunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan fitur Apple Pay. Dengan adanya pembaruan ini, maka fungsi chip tersebut dapat lebih diperluas.

Disebutkan bahwa saat ini, pegawai Apple sudah memiliki akses ke fitur-fitur baru melalui iPhone miliknya. Tampaknya, mereka telah menggunakan ponselnya untuk mengakses kantor dan gedung markas besar Apple di Cupertino, Amerika Serikat. Sebenarnya, iPhone sudah bisa digunakan untuk membuka smart lock melalui Bluetooth. Hanya saja, NFC diklaim sebagai opsi yang lebih aman dibandingkan dengan Bluetooth karena cara menggunakannya yang tidak perlu terhubung melalui gelombang jarak jauh (ditempel).

Apple juga disebut-sebut telah berbicara dengan pembuat kartu transit Cubic selama bertahun-tahun. Sebenarnya, Apple telah memiliki Apple Mobile Payment Solution untuk membayar ongkos di negara-negara seperti Jepang, London dan beberapa kota lainnya di Amerika Serikat. Namun, melalui kerja sama dengan Cubic, iPhone akan mendapat akses untuk bertindak sebagai kartu transit untuk semua orang di seluruh dunia. Selain itu, Apple dijadwalkan akan mengumumkan kemampuan baru dari chip NFC ini pada acara Worldwide Developers Conference pada 4 Juni mendatang. Setelah fitur baru ini resmi dirilis, maka nantinya iPhone dari keluaran tahun 2014 keatas dapat menggunakan fitur baru tersebut dengan melakukan update OS.


Komentar Anda

Artikel terkait