Posted: 26 Maret 2018 15:13:13 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 33 kali

Kabar akuisisi kembali terdengar di jagad startup ride sharing. Kali ini, Uber yang menjadi bahan pembicaraan. Kabarnya, startup asal San Fransisco itu telah dijual ke Grab.

Sumber terpercaya menyebut perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu menjual seluruh operasional bisnisnya di kawasan Asia Tenggara ke Grab. Menyusul akuisisi tersebut, konon Uber akan menyerahkan seluruh layanannya, baik berupa layanan tumpangan maupu pengiriman makanan ke Grab.
Sementara itu, dalam akuisisi ini SoftBank Group memiliki andil. Pasalnya, perusahaan teknologi dan investor itu merupakan penanam modal terbesar bagi Grab. Menariknya, perusahaan itu juga merupakan pemegang saham mayoritas di Uber.

Dalam akuisisi ini, SoftBank berperan penting dalam mempercepat proses konsolidasi untuk menyeimbangkan neraca keuangan Uber yang rata-rata mengeluarkan miliaran dollar AS setiap tahunnya. Sebelum menerapkan hal ini pada Uber, perusahaan asal Jepang itu telah melakukan hal senada dalam akuisisi operasional Uber di China oleh Didi Chuxing—yang tak lain merupakan pemain utama layanan ride sharing di negara tersebut.


Komentar Anda

Artikel terkait