Posted: 27 Mei 2018 09:32:40 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 57 kali

Kini, aplikasi WhatsApp tak sembarangan bisa digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, kini WhatsApp mulai memberlakukan pemblokiran bagi pengguna yang berusia di bawah 16 tahun.  Seperti diketahui, Inggris dan Uni Eropa mulai memberlakukan aturan privasi data baru pada 25 Mei 2018 lalu. Aturan baru ini membuat WhatsApp ikut memperbarui kebijakan privasinya, salah satunya memberlakukan pembatasan pada usia minimal tersebut. Sebagai dampak dari kebijakan ini, para pengguna di bawah usia 16 tahun di Inggris dan negara Uni Eropa tak lagi bisa menggunakan WhatsApp per 25 Mei 2018.

WhatsApp tidak menyebutkan jumlah pasti pengguna yang kini tak bisa mengakses layanannya. Namun disinyalir ada jutaan pengguna di bawah usia 16 tahun terkena dampaknya. WhatsApp menyebutkan, sebagai bagian dari update ketentuan yang baru, pihaknya tidak meminta hak baru untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna. WhatsApp menyebutkan, pihaknya sudah memastikan bahwa ketentuan yang baru ini telah memenuhi standar transparansi yang tinggi dalam hal melindungi privasi para penggunanya.

Sebagai informasi, diberlakukannya aturan baru ini membuat pengguna WhatsApp di Eropa yang login ke dalam aplikasi akan ditanya usianya pada halaman persetujuan term of service (TOS), lengkap dengan kebijakan privasi WhatsApp yang sudah diperbarui. Selain mengenai usia minimal, WhatsApp kini juga membolehkan penggunanya untuk mengunduh copy data-data mereka yang ada di aplikasi milik Facebook tersebut, seperti kontak dan nomor-nomor yang sudah diblokir sebelumnya. Namun perlu diingat, di luar Eropa, usia minimal untuk menggunakan WhatsApp tetaplah 13 tahun.


Komentar Anda

Artikel terkait