Posted: 27 Mei 2018 09:32:37 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 39 kali

Dalam beberapa waktu ke depan, setiap pemilik pesawat tanpa awak atau drone nampaknya harus memasang pelat nomor khusus untuk dorne yang dimiliki. Hal tersebut mengacu pada rencana kebijakan baru yang akan dikeluarkan oleh Badan pengawas penerbangan AS ( FAA)  untuk mengendalikan masifnya pesawat tanpa awak ( drone). Kebijakan tersebut berupa pemasangan lisensi pelat nomor yang mudah dilihat untuk setiap perangkat drone. Tujuan pemasangan pelat nomor untuk drone adalah untuk memudahkan identifikasi setiap drone yang mengudara.

Acting Administrator FAA, Dan Elwell menyebutkan bahwa mereka harus menjamin jika setiap drone yang beroperasi di ruang udara terkendali, mudah dilacak dan diidentifikasi. Kebijakan itu sendiri baru diajujan bulan lalu. Seblumnya, FAA telah mensyaratkan setiap drone untuk didaftarkan dan memiliki nomor identitas yang ditetapkan pemerintah. Namun, nomor tersebut dapat disembunyikan, misalnya di dalam kompartemen baterai. Setelah revisi kebijakan baru ini, nomor identitas drone harus berada di luar, sehingga dapat jelas terlihat.

FAA sendiri telah lama ingin mendapat kontrol lebih besar untuk mengatur drone. Terlebih setelah kejadian kecelakaan pesawat pertama yang diakibatkan drone awal tahun lalu. Otoritas penerbangan juga mengkhawatirkan pemanfaatan drone untuk aksi terorisme. Diketahui bahwa pada tahun lalu, pemerintah telah memberlakukan kebijakan bagi pemilik drone seberat 2,2 hingga 25 kilogram, untuk mendaftarkannya ke FAA. PBB pun mendukung diberlakukannya pendaftaran drone secara terpadu di seluruh dunia. Beberapa bulan lalu, pemerintah AS mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pelacakan hingga penembakan drone sipil agar sah dilakukan oleh penegak hukum.



Komentar Anda

Artikel terkait