Posted: 14 Mei 2018 09:16:46 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 33 kali

Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Rudiantara mengatakan bakal menekan para vendor smartphone untuk membuat lebih banyak ponsel 4G dengan harga di bawah Rp 1 juta. Rudiantara menyebutkan bahwa ponsel dengan harga murah masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pengemudi ojek online. Pasalnya, Rudiantara menganggap bahwa ponsel merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki pengemudi ojek online.

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan harga ponsel 4G yang beredar di pasar. Salah satunya adalah dengan menaikkan skala ekonomi. Salah satunya adalah kebijakan TKDN yang sudah diberlakukan pemerintah sejak 2016 lalu. Kebijakan TKDN sendiri memiliki aturan di mana vendor yang memproduksi ponsel 4G harus memenuhi setidaknya 30 persen kandungan lokal. Kandungan lokal itu bisa didapatkan melalui skema hardware, software, maupun dalam bentuk investasi. 

Rudiantara juga menilai bahwa pengemudi ojek online ini sangat patut diperhatikan, karena menjadi salah satu penopang ekonomi serta membuka lapangan kerja. Karena itulah menurutnya, pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo akan berusaha memfasilitasi aspek infrastruktur serta ketersediaan jaringan. Meski Rudiantara mengimbau para vendor untuk menyediakan smartphone dengan harga terjangkau, namun dia juga menekankan untuk kualitas sinyal juga harus bagus, minimal sudah 4G.


Komentar Anda

Artikel terkait