Posted: 06 Februari 2018 13:16:56 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 209 kali

Pengguna Apple Music dilaporkan terus mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut bahkan gosipnya, memungkinkannya menyalip Spotify. Apple pun sesumbar pada kuartal ketiga mendatang bakal merahai layanan streaning music berbayar terbesar di dunia.

Terlepas dari klaim tersebut, pertumbuhan pelanggan bulanan Apple Music saat ini tengah menukik. Tak main-main, layanan streaming musik tersebut, di Amerika Serikat bahkan kini berada dalma fase 2,5 kali lebih cepat dibandingkan Spotify. Seperti diketahui, Spotify merupakan rival berat bagi Apple Music. Tak hanya karean ‘usianya’ yang lebih tua, senioritas Spotify atas Apple Music juga tampak dari jumlah penggunanya yang sangat besar.

Merujuk pada data terbaru, potify memiliki 70 juta pelanggan berbayar. Jumlah ini imbang dengan jumlah pelanggan gratis. Angka itu dua kali lipat jumlah pengguna Apple Music berbayar hanya masih mentok di 36 juta. Uniknya, dengan jumlah pengguna yang lebih besar, Spotify justru memiliki koleksi lagu yang lebih sedikit dibandingkan Apple Music. Sebagai perbandingan, Apple Music memiliki 45 juta lagu, sedangkan Spotify hanya 30 juta lagu saja.

Hal yang menarik terjadi di sini. Setiap bulan, merujuk pada laporan terbaru, pelanggan Apple Music di Negeri Paman Sam meningkat 5 persen. Peningkatan ini lebih tinggi dari pertumbuhan Spotify yang hanya 2,5 persen.

Melonjaknya populasi Apple Music diduga keras berhubungan dengan penyematan aplikasi tersebut pada perangkat buatan Apple. Sebut saja seperti iPhone, iPad atau Apple Watch 3.

Apple Music pun kabarnya bakal semakin tinggi populasinya menyusul rencana kehadiran Apple HomePod pada 9 Februari ini. Disebutkan bahwaperankat ini memiliki kualitas audio yang lebih baik dari kompetitor. CEO Apple, Tim Cook bahkan mengatakan perangkat ini bisa menyiarkan music atau audio secara langsung dari Apple Music.

Sementara itu, untuk menedangarkan konten dari layanan streaming musik lainnya, pengguna HomePod harus memakai fitur bernama Apple AirpLay dari perangkat berlogo apel groak lainnya. Sayangnya, HomePod dikabarkan tak kompatibel dengan teknologi Bluetooth standar.


Komentar Anda

Artikel terkait