Posted: 06 Februari 2018 13:07:01 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 37 kali

Alibaba semakin digdaya. E-commerce asal Tiongkok itu mengalami peningkatan pendapatan cukup signifikan pada 2017 lalu. Tak tanggung-tanggung, pendapatan yang berhasil dibukukan meningkat hingga 56 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini membawa, rakasasa E-Commerce Asia ini mampu mengumpulkan pendapatan sneilai Rp 171, 3 triliun, naik dari USD 12, 7 miliar pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan pendapatan tersebut bahkan melebihi ekspekstasi. Alibaba ‘ hanya’ menargetkan peningkatan pendapatan 53 persen, tetapi mendapatkannya 3 persen lebih banyak. Dari seluruh pendapatan Alibaba, sebagian besar bersumebr dari bisnis utamanya. Bisnis tersebut mampu menyumbang USD 11,2 miliar atau sekitar Rp 151,1 triliun.

Satu hal yang menarik dari pendapatan Alibaba pada tahun lalu. Tampak bahwa bisnis cloud mulai memainkan peranan penting. Pendapatan dari lini bisnis ini meningkat 104 persen menjadi USD553 juta atau setara dengan Rp 7.5 triliun.

Peningkatan pendapatan Alibaba juga terjadi pada lini bisnis media digital dan hiburan. Kedua lini tersebut mampu mendongkrak pendapatan hingga 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara detil angka pendapatan dari bisnis tersebut mencapai USD 832 juta.

Satu lagi, sebanyak USD 119 juta berhasil dibukukan dari bidang inovasi dan lainnya. Dengan peningkatan yang hampir merata di seluruh lini bisnisnya tersebut, Alibaba memang bisa senyum sumringah dan menutup 2017 lalu dengan ceria. Bos Alibaba mengatakan, peningkatan pendapatan ini terjadi berkat menguatnya daya beli konsumen di Tiongkok.

Di samping itu, layanan baru yang terus digulirkan juga menjadi alasan lain terdongkraknya pendapatan Alibaba. “Hal ini berkat menguatnya daya beli konsumen Tiongkok serta beragam layanan yang kami sediakan untuk pedagang dan konsumen,” kata CEO Alibaba Group Daniel Zhang.


Komentar Anda

Artikel terkait