Posted: 09 April 2018 15:21:57 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 128 kali

Smartphone masih menjadi pemain terpenting di pasar gadget. Penjualan perangkat ini mencapai 397 juta unit dalam 3 bulan sepanjang kuartal ke-4 2017. Angka ini mengalami kenaikan 1 persen dari tahun ke tahun. Setidaknya demikian menurut hasil riset dari firma riset GfK.

Secara total penjualan smartphone mencapai 1,46 miliar unit sepanjang tahun lalu. Pendapatan yang berhasil dikumpulkan berkat penjualan ponsel cerdas menembus 479 miliar dollar AS atau setara Rp 6.386 triliun.

Penting untuk digaris bawahi bahwa perhitungan yang dilakukan GfK ini meliputi keseluruhan penjualan smartphone, baik melalui distributor resmi maupun non-resmi (black market/BM). Sistem perhitungan ini berbeda dengan IDC yang mendasarkan pada jumlah ponsel yang siap dijual oleh distributor resmi. Firma riset yang baru saja disebut namanya itu, masih belum memberikan laporan penjualan smartphone kuartal ke-4 tahun lalu. Dengan demikian, sampai saat ini masih belum diketahui jumlah penjualan smartphone pada tahun tersebut menurut versi IDC.

Masih melanjutkan ihwal penjualan smartphone sepanjang 2017. Hasil risetyang ada menunjukkan, peningkatan permintaan perangkat tersebut didominasi oleh kawasanTimur Tengah dan Afrika. Pertumbuhan penjualan ponsel cerdas dikedua wilayah tersebut mencapai 8 persen.

Penjualan smartphone di kawasan EropaTengah dan Timur tak begitu menggairahkan. Pertumbuhan ponsel cerdas di kedua wilayah tersebut hanya 7 persen saja. Kontras dengan hal tersebut, penjualan smartphone di Asia justru melemah.

Data yang ada menunjukkan penjualan smartphone di negara-negara maju di Asia mengalami penurunan hingga 9 persen. Adapun penurunan itu terjadi di Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Taiwan.


Komentar Anda

Artikel terkait