Posted: 10 Maret 2018 09:11:33 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 579 kali

Tak puas menjadi pemain besar di industry smartphone, Samsung juga belakangan mulai getol masuk pasar chip mobile. Pabrikan Korea Selatan itu bahkan dikabarkan berencana meningkatkan produksi CPU Exynos untuk dijual ke vendor smartphone lainnya. Menariknya lagi, pemegang merek seri Galaxy itu juga berencana menjual sebagian besar chipset ponsel pintar kelas menengah sebagai upaya mengalakan MediaTek.

Meski demikian, MediaTek masih bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, sekalipun Samsung akan turut bermain di pasar chip, tetapi masih terbilang pemain baru. Lain halnya dengan MediaTek yang memang fokus pada usaha chip.

Kendati demikian, MediaTek juga tak bisa bersantai mendengar terobosan baru pembesut system operasi Tizen itu. Hal ini mengingat posisi Samsung dan MediaTek yang hanya selisih ‘1 tangga’ saja. Sebagai perbandingan, MediaTek kini berada di posisi ketiga pembesut chip di dunia. Rangking tersebut hanya setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan Samsung yang berada di undakan keempat.

Dengan semakin seriusnya Samsung menggeluti bisnis chip, tentu langkah strategis pun telah disiapkan. Apabila MediaTek tak segera berpacu, bukan tak mungkin kelak akan dilibas Samsung. Terlebih mengingat Samsung yang memiliki kekuatan besar di dunia teknologi.

Sebelum rumor tentang rencana Samsung bakal menjual chip buatannya ke vendor smartphone, gosip yang tak kalah menarik telah lebih dulu mencuat. Vendor asal Negeri Gingseng ini dikabarkan tengah mempersiapkan pengembangan Neural Processing Units (NPU) atau dikenal dengan nama chip AI. Meski gebrakan itu baru bagi Samsung, tetapi sebuah sumber menyebut chip AI garapannya itu sudah satu level dengan dengan Apple dan Huawei.

Sementara itu, pasar chip mobile saat ini masih dikuasai Qualcomm. Pabrikan pembesut seri Snapdragon itu dibuntuti Apple yang berada di posisi kedua.


Komentar Anda

Artikel terkait