Posted: 28 Februari 2018 09:04:07 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 185 kali

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengimbau masyarakat untuk selalu memenuhi kewajibannya sebagai warga negara dengan mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun 2017. Untuk mempermudah proses laporan, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk membuat laporan SPT pajak secara online menggunakan e-filling yang dinilainya membuat proses pelaporan menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan e-filling, proses laporan SPT pajak diklaim lebih mudah dan bukti penerimaan langsung dicetak.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama, mengaku sudah ada WP Orang Pribadi yang menyerahkan SPT Tahun Pajak 2017 pada periode Januari dan Februari ini namun belum terlihat antrean di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Besar kemungkinan hal tersebut dikarenakan masyarakat telah memilih cara modern pelaporan pajak yakni dengan menggunakan e-filling tersebut.
Untuk melakukan pelaporan pajak secara online menggunakan e-filling, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi di situs layanan aplikasi perpajakan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), DJP Online. Hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk melengkapi proses registrasi di DJP Online adalah seperti NPWP, nomor e-FIN, dan alamat email aktif. Nomor e-FIN bisa Anda dapatkan dengan mendatangi KPP terdekat dan mengisi Formulir Aktivasi e-FIN, menunjukan asli KTP dan NPWP, serta menyerahkan fotokopinya.

Setelah mendapat e-FIN, lakukan pendaftaran akun DJP Online melalui web browser Anda dengan memasukkan alamat website djp online. Selanjutnya, klik tombol DAFTAR pada tampilan muka yang muncul untuk melakukan pendaftaran akun DJP Online. Masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak, nomor e-fin, dan kode keamanan yang terdapat pada layar, lalu klik tombol verifikasi. Kolom nama akan terisi sesuai dengan data NPWP. Jika sudah sesuai, masukkan alamat email aktif Anda. Alamat email tersebut akan digunakan sebagai sarana penyampaian informasi terkait dengan djp online. Lalu, masukkan nomor handphone Anda. Kemudian buat password untuk mengakses akun djp online Anda dan ketik ulang pada kolom konfirmasi password. Apabila Anda telah selesai lalu klik tombol simpan.

Langkah berikutnya, buka email Anda untuk menakses kotak masuk dan pilih pesan yang berasal dari e-filing. Apabila Anda telah membuka pean dari e-filing lalu klik tautan yang terdapat dalam pesan tersebut. Berikutnya, akan muncul konfirmasi bahwa Aktivasi akun BERHASIL yang menandakan Anda telah terdaftar dan dapat menggunakan layanan aplikasi perpajakan di DJP Online. Silakan klik tombol OK untuk ke menu login.


Komentar Anda

Artikel terkait