Posted: 17 Februari 2018 09:35:37 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 158 kali

Nilai Bitcoin semakin melemah. Laporan terbaru menyebutkan nilai uang digital ini turun menjadi USD 9,5 ribu atau setara dengan Rp 127 ribu. Nilai ini menurut Coinbase merosot hingga 50 persen dari nilai tertinggi yang pernah dicapai bitcoin, yaitu Rp 253,8 juta.

Penurunan ini merupakan yang pertama kali sejak nilai bitcoin jatuh di bawah USD10 ribu atau Rp133,6 juta sejak bulan November 2017. Kemerosotan nilai bitcoin memang telah terjadi sejak gelaran CES 2018 lalu. Rencana Korea Selatan yang ingin memperketat regulasi terkait uang digital disebut-sebut sebagai salah satu penyebab merosotnya nilai bitcoin.

Para analis bahkan orang yang berakal sudah menduga jika nilai bitcoin akan semakin melemah. "Pasar mata uang digital telah menjadi terlalu panas dan memang berubah dari tren," kata Charles Hayter dari CryptoCompare seperti dilaporkan CNBC. Ia juga mengatakan sebagain besar investor telah memperkirakan hal ini. "Kebanyakan investor sudah memperkirakan perubahan ini, menuju nilai rata-rata," terusnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kepanikan orang-orang justru mendorong mereka menjual tanpa alasan, kecuali karena rasa takut. Sementara itu, memanasnya isu soal uang digital juga dipicu karena bank sentral China mengatakan bahwa pemerintah akan melarang transaksi dengan mata uang virtual terpusat.

Di samping itu, Negeri Tirai Bambu juga dikabarkan berupaya mendorong mendorong para penambang cryptocurrency keluar dari negaranya. Hal ini lantarann energi yang digunakan oleh puluhan ribu komputer dinilai akan menyebabkan polusi. Negara dengan penduduk terbesar di dunia itu juga khawatir maraknya penggunaan mata uang digital akan menyebabkan krisis.

Tak hanya itu, uang digital juga dinilai membuat harga kartu grafis dan memori melambung. Meski sempat melambung, tetapi kini nilai bitcoin telah turun ke nilai rata-rata seperti kebanyakan koin. "Secara keseluruhan, penurunan ini telah membawa kita ke nilai mata uang digital sekitar satu bulan lalu untuk kebanyakan koin," kata eToro Senior Market Analyst, Mati Greenspan. Sementara itu, bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital yang nilai merosot. Hal senada juga dialami uang digital lain seperti, ethereum, ripple, dan dogecoin.


Komentar Anda

Artikel terkait