Posted: 17 Februari 2018 09:22:55 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 133 kali

Google dikabarkan membuka kantor di Tiongkok. Kabar ini terbilang unik. Pasalnya, selama ini layanan pencarian Google diblokir di Negeri Tirai Bambu.

Keputusan pembukaan kantor baru ini dilatarbelakangi empuknya bisnis hardware di Negeri Panda. Kantor baru Google di negara tersebut terletak di Shenzhen. Kawasan yang dahulunya desa nelayan itu, kini telah berubah menjadi semacam Sillicon Valley-nya Asia. Di kawasan itu pula perusahaan teknologi besar Tiongkok bermarkas, termasuk Tencent dan Huawei.

Sementara itu, kantor baru Google tersebut akan mendukung dua kantor mereka di China yang berlokasi di Beijing dan Shanghai. Kantor tersebut dikabarkan melibatkan 600  pekerja. Kabarnya, kantor baru di Shenzhen nantinya akan bisa menyaingi dua kantor tersebut dengan jumlah pekerja mencapai 300 orang.

Kehadiran kantor baru di Shenzhen menjawab kebutuhan para pekerja yang terkadang harus pergi ke kota tersebut dari Bejing dan Shanghai untuk mengurus sesuatu. Hal ini diketahui dari sebuah email yang dikirimkan pada "Googlers di Tiongkok".

Dalam surat elektronik tersebut bos Google di Tiongkok mengatakan bahwa ada sejumlah pekerja yang sering pergi ke Shenzhen untuk mengurus bisnis. Mengingat banyak masukan perlunya tempat bekerja saat mereka di Shenzen, pihaknya lantas melakukan pemantauan dan kini kantor di Shenzhen telah dibuka.

"Kami banyak mendengar masukan bahwa diperlukan sebuah tempat untuk bekerja ketika mereka ada di kawasan tersebut -- jadi, setelah memantau lokasi selama beberapa bulan, kami telah menyewa sebuah kantor di Shenzhen," tulisnya.


Komentar Anda

Artikel terkait