Posted: 11 Januari 2018 08:39:29 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 96 kali

Perusahaan internet asal Tiongkok, Baidu, dalam waktu dekat ini dikabarkan baru saja menjalin kerjasama dengan BlackBerry. Dewasa ini, baru diketahu bahwa kerjasama yang dijalin keduanya tersebut adalah untuk kepentingan pengembangan mobil otonomos yang akan dilakukan oleh Baidu. Melalui kerja sama ini, Baidu disebutkan akan menggunakan BlackBerry QNX sebagai sistem operasi platform mobil otonomos dari Baidu, Apollo. Platform yang diperkenalkan pada April tahun lalu itu disebut-sebut adalah 'Android' untuk mobil otonomos.

QNX merupakan software andalan perusahaan dalam bisnis mobil otonomos. Sejumlah investor dan analis memperkirakan kerja sama Baidu dan BlackBerry ini akan menjadikan QNX menjadi teknologi kunci dalam industri mobil otonomos. QNX sendiri sudah banyak digunakan untuk konsol hiburan di mobil. BlackBerry mengembangkan software ini untuk berjalan di chip komputer yang biasa digunakan untuk mobil dan biasanya sudah dibekali dengan sistem keamanan. Selain itu, nantinya kedua perusahaan juga akan mengintegrasikan Baidu Car Life, software integrasi antara smarpthone dan mobil pintar di Tiongkok dengan platform hiburan dari BlackBerry. Baidu Car Life diketahui memiliki sistem kecerdasan buatan dan peta berdefinisi tinggi.

Selain itu, BlackBerry diketahui juga telah berinvestasi sekitar US$ 75 juta atau sekitar Rp 1 triliun untuk pengembangan QNX. Sebagai investasi jangka panjang, dana tersebut sebagian besar akan digunakan untuk mendukung pekerjaan teknis. Menurut keterangan CEO BlackBerry John Chen, perusahaan akan mempekerjakan lebih banyak insinyur. Rencananya, perusahaan ingin menambah hingga 650 insinyur untuk pengembangan program ini.


Komentar Anda

Artikel terkait