Posted: 01 Januari 2018 10:16:12 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 205 kali

Jepang dalam waktu dekat ini dikabarkan akan memproduksi mobil yang bisa bertransformasi menjadi robot layaknya mobil di film Transformer. Mobil konsep ini tengah dipersiapkan untuk mendapatkan persetujuan agar bisa beroperasi di jalanan. Kini mobil Transformer tersebut juga mulai dijual kepada publik seharga US$ 70.000 (setara Rp 1 miliar).

Mobil Transformer yang diberi nama Earth-1 ini diklaim tidak terinspirasi dari serial kartun dan film Transformer, melainkan dari anime Jepang berjudul Mobile Suit Gundam, mengenai robot yang bisa berubah bentuk. Desain Earth-1 digarap oleh seorang kartunis bernama Kunio Okawara dan dikembangkan oleh startup yang bermarkas di Tokyo, Four Link Systems. Meski belum mendapatkan persetujuan untuk beroperasi di jalan, Four Link Systems telah menerima beberapa pesanan yang datang dari Jepang dan luar negeri. Salah satunya bermaksud menjadikan Earth-1 sebagai kendaraan ride-sharing.

Earth-1 sendiri memiliki bodi kompak dan memungkinkannya untuk berubah bentuk, mirip dengan bentuk kokpit pada robot gundam di anime Mobile Suit Gundam. Untuk penggeraknya, mobil ini digerakkan dengan roda kemudi dan pengguna bisa mengubah mobil dengan sebuah joystick. Four Link Systems menyebutkan, dikarenakan tak bisa berkompetisi dengan pembesut mobil lain dari segi performa, biaya, atau merek, engineer Earth-1 fokus pada desainnya yang berbeda dari kendaraan lainnya. Pihak Four Link Systems bahkan menyebutkan bahwa jika dilihat dari segi langkanya Earth-1 mengalahkan Lexus.


Komentar Anda

Artikel terkait