Posted: 01 Januari 2018 10:13:53 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 243 kali

Ada kalanya ketika di daerah tertentu, seperti di area kerumunan manusia di festival musik atau di tengah hutan, Anda akan merasa kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Jika sudah begitu, salah satu refleks yang kerap dilakukan adalah mengangkat smartphone ke atas sambil menggoyangnya pelan-pelan. Anda berharap smartphone akan menangkap sinyal lebih baik karena lebih dekat dengan menara-menara base transceiver station (BTS) yang tinggi.

Jika Anda masih melakukan hal tersebut, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Pasalnya, kebiasaan tersebut ternyata tak ada gunanya. Smartphone tidak akan menangkap sinyal lebih baik hanya karena diangkat ke atas. Jaringan seluler sebenarnya sudah tersebar di sekitar kita dalam jumlah yang melimpah. Hanya saja, infrastruktur bangunan padat di perkotaan yang berliuk-liuk memengaruhi alur sinyal sampai ke perangkat elektronik. Profesor untuk Electrical and Computer Engineering di Rice University, Lin Zhong menyebutkan bahwa kebanyakan orang berpikir bahwa jaringan seluler itu ditembak dari atas dan berwujud spotlight. Padahal jaringan seluler sudah tersedia masif di sekitar kita.

Ketika sinyal tiba-tiba hilang, hal yang sejatinya lumayan membantu adalah berjalan kaki sembari membawa smartphone. Sebab, bisa saja sinyal terhalang bangunan. Sebagai tambahan informasi, jika Anda kehilangan sinyal ketika sedang konser musik, berjalan kaki bukanlah solusi. Sebab, bisa saja jaringan seluler tersedot oleh pemakaian yang sangat masif di titik konser tersebut sehingga sinyal tak maksimal masuk ke perangkat Anda.


Komentar Anda

Artikel terkait