Posted: 06 Januari 2018 10:44:20 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 140 kali

Kabar tak sedap yang menerpa bos LeEco, JiaYueting, belum usai. Seperti diketahui, ia belakangan ini mendadak menjadi perbincangan karena skandal utang. Kabar terbaru menyebut, orang nomor satu di LeEco itu masih belum mau pulang ke kampung halamannya, China untuk membayarkan utang.

Ia kini berada di Amerika Serikat (AS) dan tengah memantai dan mengerjakan tugasnya dalam pengembangan mobil otonom tenaga eletrik FF91 LeEco. Proyek ini dilakukan bekerjasama dengan startup Faraday Future asal Negeri Paman Sam.  Kerjasama ini sendiri telah diumumkan sejak Agustus 2017 lalu.

Sementara itu, keputusan Jia untuk tidak mematuhi panggilan negara asalnya tersebut diungkapkan di Weibo. Ia mengatakan bahwa saudara laki-lakinya akan mewakili dirinya menyelesaikan urusan dengan Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok. Istri Jia, Gia Wei pun mengungkapkan akan menyelesaikan persoalan utang piutang LeEco atas dasar perintah suaminya.

Sekedar mengingat kembali, skandal utang yang melilit bos LeEco membuat aset perusahaan itu senilai USD182 juta atau Rp2,4 triliun dibekukan oleh pengadilan Tiongkok. Jia mengakan permasalahn ini di bagian finansial perusahannya saja. Ia pun menanggapi permasalan tersebut diakibatkan pemberitaan negatif dari media ihwal keterlambatan yang dianggap sebagai masalah ringan yang bisa diselesaikan.

Padahal, hal ini bisa berimbas pada perusahaannya tidak lagi menerima kepercayaan mendapatkan pinjaman dari perusahaan lain. Apabila hal ini terjadi, tentu akan menjadi masalah besar bagi perusahaan. Minimnya kepercayaan perusahaan lain bisa berimbas seretnya pembiayaan untuk berbagai hal dalam upaya mewujudkan ’banyak mimpi’ LeEco.

Seperti diketahui, selama ini LeEco dikenal sebagai perusahaan Tiongkok yang memiliki ambisi tinggi bersaing dengan perusahaan besar sekelas Google dan Apple. Demi mewujudkan impiannya itu, perusahaan ini rajin menghadirkan berbagai perankat teknologi dengan inovasi-inovasi yang menggebrak pasar.


Komentar Anda

Artikel terkait