Posted: 06 Januari 2018 09:41:40 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 101 kali

Qualcomm masih menjadi pemain yang disegani di jagad prosesor hingga akhir 2017 lalu. Merujuk pada laporan firma riset Counterpoint, perusahaan itu kembali mendominasi pasar prosesor untuk Q3 tahun lalu.  Hasil riset yang dirilis pada akhir bulan Desember 2017 menyebut pasar prosesor smartphone menembus USD 8 miliar atau Rp108 triliun.

Qualcomm berhasil memuncaki pangsa pasar prosesor ponsel cerdas dengan persentase 42 persen. Angka ini meningkat 1 persen dibandingkan Q3 pada tahun sebelumnya. Counterpoint menilai kesuksesan ini lantaran Qualcomm mampu menyediakan jajaran produk yang cukup lengkap.

Secara khusus, vendor Tiongkok berkontribusi besar dalam kesuksesan Qualcomm. Pasalnya, pabrikan Negeri Tirai Bambu banyak yang menggunakan chipset Qualcomm mulai dari ponsel kelas menengah hingga atas.

"Qualcomm diuntungkan karena adopsi dari prosesor kelas menengah ke kelas tinggi terjadi terutama di merek smartphone asal Tiongkok. Pengiriman unit produk Qualcomm ikut melonjak," kata Counterpoint Research Analyst Shobhit Srivastava.


Komentar Anda

Artikel terkait