Posted: 03 Januari 2018 11:12:56 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 59 kali

Google dikabarkan akan memperluas toko fisik miliknya di India. The Economics Times melaporkan, langkah tersebut dilakukan demi  bisa menjual smartphone buatannya di Negeri Hindustan itu. Konon, ponsel Pixel 2 yang akan dijual di negara yang masyur dengan kuliner karinya itu.

Rencana raksasa mesin pencari itu melebarkan toko offline di Negeri Bollywood bisa dipahami. Negara tersebut merupakan pasar terbesar kedua pembesut Android itu setelah China. Sementara itu, melalui toko fisik barunya di India itu, Google memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjajal Pixel 2 terlebih dahulu.

Sejauh ini, masih belum diketahui kapan Google akan mulai membuka toko barunya. Namun, sumber yang tak ingin disebutkan namanay mengatakan toko itu akan mulai dibuka pada 2018. Sementara itu, sumber lain menyebut Google sudah meminta bantuan eksekutof senior Apple terkait rencana penjualan ritel tersebut.

Sepertinya Google senang dengan ketertarikan yang ditunjukkan oleh warga India di beberapa pusat perbelanjaan. Sebut saja seperti di High Street Phoenix di Mumbai dan Select Citywalk, Promenade, Mall of India di Delhi. Dua mall di negara tersebut bahkan sudah mendapatkan permintaan akan ruang untuk membuka toko milik Google.

Kehadiran toko fisik Google di India sampai saat ini masih belum dikonfirmasi oleh yang bersangkutan. Namun, terobosan ini sangat bisa dipahami jika benar dilakukan. Selain alasan pasar yang legit seperti disampaikan di atas, ada faktor lain pembukaan pasar di negera yang populer dengan destinasi Taj Mahal itu.

Persaingan dengan rival bisnis utama menjadi alasan logis dilakukannya terobosan ini. Nama besar Google di bidang mesin pencari memang terelakkan, tetapi tidak demikian dengan pasar smartphone. Ada dua pemain kawakan yang jelas lebih berpengalaman dan berpengaruh di pasar mobile. Siapa lagi mereka kalau bukan Apple dan Samsung.

Membuka toko fisik di India menjadi jurus Google agar dapat bersaing dengan dua ‘musuh-nya’ itu. Di samping itu, Google tampaknya juga tak ingin kalah saing dengan pabrikan-pabrikan Tiongkok yang belakangan semakin agresif menyerbu pasar India. Sebut saja seperti Xiaomi, Vivo dan Oppo.


Komentar Anda

Artikel terkait