Posted: 03 Januari 2018 10:48:53 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 187 kali

Instagram kembali menggulirkan fitur baru. Terbaru, media berbagi foto itu menambahkan kemampuan menampilkan unggahan dari pengguna lain yang direkomendasikan. Barangkali tak banyak orang mengetahui perubahan ini.

Pasalnya, media sosial yang satu atap dengan Facebook itu menggulirkan fitur anyar ini secara diam-diam. Sebeluma akhirnya dilempar ke publik, fitur tersebut telah diuji pada awal Desember lalu.

Kembali ke fitur anyar tadi. Sebagaimana dilaporkan Tech Crunch, rekomendadi unggahan itu berdasarkan unggahan yang disukai akun yang pengguna ikuti. Agar tak memunculkan kebingungan dengan feed lain, fitur ini pun muncul di halaman beranda akun Instagram pengguna dengan label Recommended for You. Instagram akan menyuguhkan 3-5 unggahan yang direkomendasikan.

Kemampuan baru tersebut tergolong sebagai perubahan besar untuk feed Instagram. Sebelumnya, Instagram memberikan rekomendasi unggahan foto dan video yang disukai akun rekan melalui tab Explore. Kehadiran fitur anyar ini pun disebut sebagai salah satu perbahan besar pasca perubahan feed kronologis menjadi sesuai alogaritma atau saat Instagram memperkanlkan iklan.

Perubahan yang dihadirkan kali ini pun membuat Instagram tak berbeda dengan Facebook. Gebrakan baru Instagram ini sendiri, muncul setelah perilisan update lain yang terkonsentrasi untuk ekspansi akses pengguna ke konten selain dari akun yang diikuti. Meski terbilang perubahan yang cukup drastis, fitur menampilkan unggahan dari pengguna lain yang direkomendasikan bukan satu-satunya perubahan besar yang baru saja digulirkan media sosial yang juga bersaudara dengan WhatsApp itu.

Sebelumnya, Instagram telah lebih dulu memperkenalkan cara yang memungkinkan pengguna mengikuti tagar. Dengan cara ini, pengguna akan bisa mengikuti topik yang diminati tak hanya pada akun saja. Hanya saja fitur tagar bisa dipilh aktif atau tidak aktif, sedangkan fitur rekomendasi tidak memungkinkan pengguna menonaktifkannya.

Meski demikian, pengguna memiliki opsi menyembunyikan bagian "Recommended for You" sementara waktu. Caranya, pengguna mengetuk menu ber-ikon tiga titik di atas unggahan, kemudian ketuk "Hide". Fitur yang akan tersedia di iOS dan Android itu tengah dalam proses distribusi. Sejauh ini masih belum diketahui waktu bergulirnya fitur itu secara penuh untuk seluruh pelanggan.


Komentar Anda

Artikel terkait