Posted: 29 Desember 2017 10:21:47 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 37 kali

Trend Micro, perusahaan keamanan siber asal Jepang dalam waktu dekat ini diketahui baru saja menemukan adanya malware jenis baru. Malware bernama "Digimine" tersebut diketahui menyasar pengguna layanan pesan instan Facebook Messenger untuk dimanfaatkan menambang (mining) mata uang digital terenkripsi (crypto-currency) Monero. Namun jangan khawatir, malware hanya akan menyerang Facebook Messenger yang digunakan via desktop di browser Google Chrome. Jika Anda membuka tautan tersebut menggunakan Facebook Messenger pada platform lain, seperti smartphone misalnya, Digimine kemungkinan tidak akan menyerang perangkat Anda.

Digimine diklaim hadir dalam bentuk tautan dan dokumen video dan diklaim sebagai malware yang berbahaya. Pasalnya, saat Digimine berhasil menginfeksi perangkat korban, maka malware tersebut akan memperlambat kinerja komputer dan menggunakan akun Facebook korban untuk mencari korban berikutnya. Jika malware berhasil diinfeksikan, akun Facebook korban akan secara otomatis bisa digunakan, Digimine akan 'memanipulasi' Facebook Messenger seolah-olah pengguna tersebut sedang chatting ke teman-temannya dan mengirim tautan berbahaya ke korban berikutnya.

Ketika korban terserang, maka hacker akan mendapat keuntungan. Jumlah mining mata uang digital Monero pun akan terus meningkat jika semakin banyak korban yang terkena malware ini. Peneliti Trend Micro mengaku saat ini perangkat komputer memang rentan jadi incaran hacker karena mereka ingin memanfaatkannya sebagai platform untuk mining mata uang digital. Popularitas mata uang digital yang bisa didapat dari mining menjadi celah bagi pihak yang tak bertanggung jawab untuk menebar malware.


Komentar Anda

Artikel terkait