Posted: 30 November 2017 09:17:38 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 120 kali

Toyota baru saja merilis robot humanoid generasi ketiga yang diberi nama T-HR3. Robot humanoid generasi ketiga didesaian agar dapat dikendalikan pengguna melalui kontroler terpisah. Untuk mengendalikan T-HR3, pengguna memanfaatkan sarung tangan berbasis data dan headset virtual reality HTC Vive yang terhubung dengan kamera untuk dapat menyaksikan kondisi sekitar dari perspektif T-HR3.
Pengguna diklaim dapat mengontrol pergerakan tubuh robot dengan adanya teknologi yang diberi nama Master Maneuvering System (MMS). Teknologi ini terdiri 16 modul torsi ditambah sensor gerak dan sensor gaya. Saat pengguna bergerak, MMS akan memberi sinyal ke 29 bagian tubuh robot termasuk 10 jarinya untuk bergerak. Pengguna dapat membuat beragam gerakan termasuk membuatnya berjalan.

Toyota juga mendesain robot ini dengan kontrol keseimbangan, sehingga saat berbenturan dengan objek lain, T-HR3 tak akan terjatuh. Kontrol gaya dari robot ini terbilang baik dan dapat membuatnya mengambil sejumlah objek dengan baik. General Manager Toyota Robot Akifumi Tamaoki menjelaskan bahwa anggota dari tim robot berkomitmen menggunakan teknologi di T-HR3 untuk mengembangkan robot yang bersahabat dan dapat membantu manusia sekaligus hidup selaras dalam kehidupan sehari-hari. 

T-HR3 akan dipamerkan dalam ajang International Robot Exhibition di Tokyo yang digelar mulai 29 November hingga 2 Desember 2017. Dalam ajang itu, Toyota akan menampilkan sejumlah kemampuan dari robot humanoid tersebut. Robot yang memiliki tinggi 1,54 meter dan berat 75 kg ini sengaja dikembangkan untuk membantu manusia dalam melakukan sejumlah aktivitas di fasilitas kesehatan, proyek pembangunan, wilayah bencana, bahkan luar angkasa.


Komentar Anda

Artikel terkait