Posted: 16 November 2017 10:19:35 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 580 kali

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membagikan 500 kartu uang elektronik kepada para pegawai Kemenkominfo. Uang elektronik tersebut adalah e-money yang merupakan keluaran Bank Mandiri. Kartu e-money yang dibagikan telah berisi uang senilai Rp 130.000.

Pemberian kartu tersebut secara gratis merupakan bagian dari dukungan Kemenkominfo terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menggalakan transaksi non-tunai. Pembagian e-money dilakukan usai peringatan acara Sumpah Pemuda, 30 Oktober 2017 di Gedung Kemenkominfo. Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo mengatakan Presiden memerintahkan penggunaan uang elektronik untuk membayar tol.

“Kita ingin melakukan akselerasi cara baru membayar uang tol (menggunakan e-money). Ini karena Presiden memerintahkan untuk menggunakan uang elektronik membayar tol,” kata pria yang akrab disapa Chief RA itu. “Untuk mendukung itu, Kemkominfo membagikan kartu e-money kepada karyawan untuk bisa digunakan. Ini menunjukkan bahwa Kemkominfo mendukung kebijakan kementerian lain atau pemerintah dan tentunya Presiden,” terusnya.

Sementara itu, per tangal 31 2017 Badan Pengatur Jalan Toll (BPJT) menerapkan pembayaran toll dengan menggunakan transaksi non tunai. Artinya para pengguna toll harus menggunakan e-money dan tidak bisa menggunakan uang tunai. Perubahan sistem pembayaran ini diharapkan akan mengurangi kemacetan di jalan menuju pintu toll.

Seperti yang sering kali terjadi selama ini, di sepanjang jalan mendekati gerbang toll acap kali mengalami kemacetan. Pembayaran manual dengan uang tunai cukup memakan waktu, sehingga antrean kendaraan semakin mengular di belakang mobil yang tengah membayar toll. Antrean semakin parah saat kondisi-kondisi tertentu, seperti arus mudik dan balik.

Penerapan pembayaran toll dengan e-money dilakukan pemerintah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. "Pemerintah ingin memberikan layanan lebih baik, jadi cara membayarnya diubah menggunakn teknologi e-money," terus Menkominfo. “Pasti akan terjadi peningkatan layanannya yang cepat. Antrean juga bisa dikurangi secara signifikan di pintu tol," imbuhnya lagi.


Komentar Anda

Artikel terkait