Posted: 16 November 2017 09:35:14 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 63 kali

XL Axiata akan membangun 40 BTS  di titik terpencil. Hal ini merupakan bagian dari upaya operator biru itu dalam membangun jaringan via program Kewajiban Pelayanan Universal (USO). Pembangunan BTS yang difokuskan di kawasan terpencil itu diharapkan akan selesai pada akhir 2017.

Pihak XL mengatakan pembangunan ini menjadi wujud dukungan pihaknya terhadap pemerintah dalam memeratakan dan membangun infrastruktur jariangan telekomunikasi. "Tentunya, ini mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi, termasuk pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-dearah terpencil," kata Chief Service Management Officer, XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Lebih jauh, Yessi mengatakan XL memiliki visi sejalan dengan pemerintah untuk menyediakan jaringan telekomunikasi di kawasan terpencil. Diharapkan langkah ini bisa membantu masyarakat di kawasan tersebut bisa mengejar ketertinggalan dari kawasan lain. Pembangunan itu diharapkan pula dapat mempercepat pembangunan yang dilakukan pemerintah.

XL akan ‘menanam’ 40 BTS di kawasan terpencil itu di 4 propinsi. Dua propinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Dua propinsi lainnya adalah Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara.

Operator yang dinahkodai Dian Siswarini ini memiliki alasan tersendiri memilih propinsi-propinsi tersebut. Selama ini, kawasan tersebut dinilai masih belum memiliki layanan telekomunikasi, khususnya internet berkecepatan tinggi dan memadai.Di samping itu, kawasan itu juga dinilai XL memiliki potensi ekonomi dan sosial yang tinggi.

Sementara itu, proyek pembangunan BTS tersebut terlaksana melalui program USO yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Oleh karena itu, biaya pelaksanaan program ini bersumber dari pemerintah. Meski demikian, pengadaan BTS, pemasangan dan mobilisasi akan dilakukan oleh XL.


Komentar Anda

Artikel terkait