Posted: 08 Oktober 2017 08:54:30 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 58 kali

Setelah sebelumnya pada bilan Juli lalu, layanan percakapan instan Telegram sempat diblokir di Indonesia terkait alasan dapat membahayakan keamanan negara karena tidak menyediakan SOP dalam penanganan kasus terorisme, dalam waktu dekat ini Telegram kembali menjadi perhatian di Indonesia. Pasalnya, kali ini Telegram diketahui menampilkan sticker berbau pornografi. Sticker yang dimaksud dapat ditemukan di domain telegramhub.net. termasuk sticker yang isinya adegan tidak pantas.

Sticker untuk Telegram ini rata-rata tak sesuai dengan nilai-nilai kesopanan. Bahkan, bila menelusurinya dengan mengetik keyword, bisa ditemukan sticker mesum. Parahnya, sticker tersebut dapat ditambahkan ke aplikasi Telegram. Tidak ada persyaratan atau bentuk imbauan apapun mengenai sticker mesum tersebut. Meskipun memang ketika dicari tampilan dari sticker itu buram, namun tampilan sticker akan menjadi jelas ketika ditambahkan ke Telegram. Telegram memang diketahui menyediakan banyak sticker untuk dikirimkan oleh para penggunanya dan menambah keasyikan. Akan tetapi biasanya selama ini, gambar itu bertema lucu, tidak sampai mesum.

Saat dicoba konfirmasi mengenai persoalan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, menyebutkan bahwa laporan terkkait sticker mesum itu sedang dilaporkan kepada pihak Telegram. Untuk saat ini, pihak Kominfo juga sedang menunggu konfirmasi lanjut dari pihak Telegram. Jika saja hal ini benar, maka bisa jadi pemerintah akan kembali melakukan pemblokiran terhadap layanan percakapan instan tersebut.


Komentar Anda

Artikel terkait