Posted: 10 September 2017 08:52:28 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 148 kali

Jepang bisa disebut sebagai surganya robot. Kita akan dapat menemukan beragam jenis robot yang dikembangkan di negara tersebut. Terbaru, sebuah perusahaan bernama NextTechnology yang bermarkas di Kyushu, Jepang, diklaim telah menghadirkan sebuah robot unik, yakni robot robot anjing untuk mengidentifikasi bau kaki manusia. Dalam menciptakan robot yang diberi nama Hana tersebut, NextTechnology bekerjasama dengan National Institute of Technology Kitakyushu College (NITkit).

Untuk dapat mendeteksi aroma, robot Hana dilengkapi dengan sensor kusus yang dirancang oleh perusahaan. Dalam mengendus aroma kaki dan mulut, Hana akan memberikan tiga reaksi yang lucu. Pertama, jika kaki Anda wangi maka Hana akan berjoget-joget senang. Kedua, jika kaki Anda sedikit bau, maka Hana akan menggonggong. Ketiga, jika kaki Anda sangat bau, maka Hana akan jatuh pingsan. Sistem di Hana ini dikalibrasikan dengan menggunakan kaki yang memakai kaus kaki yang sama selama dua hari berturut-turut sebagai patokan aroma yang tidak sedap

Robot Hana sudah dipresentasikan di depan Walikota Kitakyushu, Kenji Kitahashi. Rencananya robot ini akan dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni mulai dari USD 930 sampai USD 1,860 atau Rp 12,2 juta sampai Rp 24 juta. Sebagai tambahan informasi, robot Hana tidak hanya dapat mengendus aroma yang dikeluarkan dari kaki saja, namun juga bisa mengendus aroma yang dikeluarkan dari mulut manusia.


Komentar Anda

Artikel terkait