Posted: 13 September 2017 11:03:51 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 189 kali

Persaingan sengit tak hanya ada di pasar smartphone, tetapi juga di pasar prosesor. Laporan terbaru menyebut, penjualan prosesor AMD kini sedang berada di puncak. Demikian meroketnya, penjualan prosesor tersebut sukses mengguli rival beratnya, Intel.

Padahal, seperti diketahui, Intel merupakan pemain kawakan di pasar ini. WCCFTech mencatat, penjualan prosesor AMD di salah satu retailer terbesar di Jerman lebih unggul dari Intel untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Disebutka bahwa retailer bernama Mindfactory.de tersebut mencatat penjualan prosesor AMD bulan Agustus mencapai 56 persen.

Retailer tersebut bahkan tercatat mampu meningkatkan penjualan sejak Maret lalu atau saat pertama kali Ryzen dirilis. Data yang ada menunjukkan, terjadi peningkatan pesat pada penjualan bulan Maret hingga April, yaitu dengan kenaikan hingga 9,5 persen. Selanjutnya, pada bulan Mei hingga Juni mengalami kenaikan sebesar 5,4 persen.

Sementara itu, pada Agustus, penjualan prosesor AMD secara keseluruhan sukses mengungguli Intel. Hal ini berkat penjualan total hingga 56,1 persen. Angka ini terpaut cukup jauh dari penjualan Intel yang berada di level 43,9 persen.

Ditengarai prosesor HEDT Ryzen Threadripper berkontribusi besar dalam keaikan penjualan prosesor AMD kali ini. Prosesor itu, setidaknya sampai saat ini—mendapatkan sambutan positif. Hadir dengan konfigurasi core dan thread yang sangat besar, membuat prosesor ini mampu menghadirkan performa yang sudah seharusnya.

Sementara itu, seri prosesor HEDT Intel yaitu Skylake-X dan Kaby Lake-X kurang mendapat sambutan positif. Pasalnya, prosesor itu memiliki banyak pembatasan pada penggunaan prosesor ini. Di samping itu,  harga prosesor itu pun relatif lebih mahal dari Threadripper.


Komentar Anda

Artikel terkait