Posted: 24 Agustus 2017 09:14:38 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 122 kali

Coding secara umum diartikan sebagai bahasa pemrograman komputer yang digunakan di situs internet dan aplikasi ponsel. Namun, seringkali banyak yang enggan mempelajari coding karena menganggap coding merupakan sesuatu yang rumit. Pasalnya pembelajaran coding dituntut teliti dan terstruktur. Namun, Microsoft percaya bahwa coding adalah bahasa universal dan bisa memecahkan masalah. Bahkan, coding bisa dipelajari sejak dini saat anak berusia empat tahun. Microsoft bahkan telah memberi pelatihan coding gratis di salah satu tokonya di New York, AS.

Tidak sampai di sana saja, saat ini Microsoft diketahu telah bekerja sama dengan Code.org untuk memberi layanan pelatihan coding gratis secara online. Mereka bahkan juga sampai turun ke lapangan untuk mengajar para wirausaha di Nigeria. Meskipun fasilitas di Nigeria belum semaju Amerika, warga di sana paham masalah yang dihadapi dan memiliki ide untuk menghadapinya. Hal yang mereka butuhkan adalah fasilitas dan sarana.

Salah satu bentuk solusi yang dibuat adalah Onetrack, perusahaan rintisan yang memungkinkan pelacakan menggunakan ponsel untuk mencegah penculikan anak. Dengan berbagai pelatihan yang tersedia, diharapkan semakin banyak orang tertarik mempelajari coding dan seni berpikir kritis di era teknologi. Selain itu, juga diharapkan agar hal ini dapat mengubah persepsi masyarakat mengenai coding yang dianggap rumit dan susah.


Komentar Anda

Artikel terkait