Posted: 31 Juli 2017 13:54:56 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 132 kali

Menurut data yang dirilis oleh perusahaan analis pasar teknologi, Canalys, disebutkan bahwa pasar smartphone India pada kuartal II 2017 didominasi oleh vendor Tiongkok yang mengalami pertumbuhan pesat. Berdasarkan data tersebut, tentunya posisi Samsung yang selama ini memimpin pasar smartphone India dengan 25 persen pangsa pasar dari total pengapalan sekitar 27 juta unit smartphone terancam akan digeserkan oleh sejumlah vendor Tiongkok seperti Xiaomi dan Vivo, yang kian populer di India.

Dari data tersebut, diketahui bahwa Xiaomi yang menempati posisi kedua berhasil mengapalkan 4,8 juta unit smartphone, lebih tinggi dibandingkan kuartal II 2016. Vivo juga berhasil memecahkan rekor dengan pengapalan 3,4 juta unit smartphone, dan Oppo yang berhasil melengserkan Lenovo menempati posisi ke empat. Sementara Lenovo menutup posisi lima besar vendor smartphone populer di India. Jika dijunlahkan secara keseluruhan, maka vendor Tiongkok yaitu Xiaomi, Vivo, Oppo, Lenovo dan Gionee mengontrol lebih dari 50 persen pasar smartphone India.

Melihat pertumbuhan perusahaan-perusahaan asal Tiongkok tersebut, Samsung dinilai harus waspada jika tetap ingin mempertahankan kepemimpinannya di India. Terlebih para vendor smartphone Tiongkok disebut memiliki posisi kuat pada segmen kelas menengah dan entry-level. Dengan demikian, maka Samsung dinilai harus lebih optimal pada dua segmen tersebut, meskipun seri J membantu mempertahankan kekuasaannya di pasar India.


Komentar Anda

Artikel terkait