Posted: 27 Juli 2017 13:38:38 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 127 kali

Keamanan menjadi hal penting yang selalu diperhatikan oleh perusahaan teknologi. Bahkan beberapa perusahaan teknologi terkemuka sering mengadakan program bug bounty bagi siapa pun yang dapat membantu menemukan celah di sistem mereka. Program tersebut merupakan kompetisi yang ditujukan bagi siapa saja untuk menemukan celah keamanan yang terdapat pada perusahan tersebut kemudian penemu celah keamanan tersebut akan diganjar hadiah berupa uang tunai dalam jumlah fantastis. Selanjutnya, perusahaan akan menambal celah tersebut untuk menjadikan sistemnya makin aman.

Namun tidak demikian dengan hacker penemu celah keamanan di sistem transportasi publik kota Budapest, Hungaria. Disebutkan bahwa seorang pemuda 18 tahun yang mampu menemukan celah besar pada website transportasi Budapest justru berakhir di penjara. Pemuda tersebut ditangkap setelah menemukan celah di situs web otoritas transportasi umum lalu melaporkan penemuannya ke otoritas tersebut.

Padahal, pemuda yang tidak disebutkan namanya itu menemukan celah keamanan yang memungkinkan seseorang mengubah harga tiket hanya dengan merubah source code laman itu menggunakan developer tools. Sebagai contoh, pemuda tersebut bisa mengubah harga tiket US$ 35 menjadi US$ 0,20. Sayangnya, pembelian tiket itu diproses oleh otoritas transportasi umum tanpa melakukan verifikasi ulang. Otoritas transportasi Budapest juga sudah memperbaiki celah website mereka, tapi sayanganya hacker putih yang berniat baik itu tetap mendekam di tahanan.


Komentar Anda

Artikel terkait