Posted: 21 Juli 2017 14:25:18 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 271 kali

Untuk mendukung pengembangan mobil otonomosnya, Baidu dilaporkan terus memperluas kerja samanya dengan berbagai pihak. Terkini, perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan kerja sama dengan Microsoft. Melalui kerja sama ini, Microsoft akan menyokong pengembangan proyek Apollo milik Baidu dengan layanan Azure. Proyek Apollo sendiri merupakan platform terbuka yang dibesut Baidu dalam pengembangan mobil otonomos. Saat ini, sudah ada sekitar 50 rekanan bergabung dalam proyek yang digagas pada April 2017 ini.

Dengan adanya kerja sama ini, maka Microsoft akan menawarkan layanan Azure untuk pelanggan di luar Tiongkok yang ingin mengadopsi Apollo. Microsoft menyebut kerja sama ini dapat meningkatkan fitur keamanan dalam mobil otonomis. Pasalnya, pemanfaatan kecerdasan buatan berbasis komputasi awan didorong machine learning dapat mempercepat proses pembelajaran.

Selain Microsoft, Baidu sebelumnya juga telah bekerja sama dengan TomTom NV dalam menggarap peta digital untuk teknologi mobil otonomos. Tomtom sendiri adalah perusahaan asal Belanda yang dikenal sebagai pembuat perangkat lunak navigasi untuk mobil. Selain itu, Baidu juga telah menjalin kolaborasi dengan NVIDIA untuk pengembangan kecerdasan buatan di mobil otonomos. Perusahaan akan mengadopsi Drive PX untuk proyek mobil otonomosnya yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif dari negeri Tirai Bambu itu.

Baidu sebenarnya bukan satu-satunya perusahaan Tiongkok yang terjun dalam pengembangan mobil otonomos. Namun perusahaan yang kerap dipanggil sebagai Google Tiongkok ini diakui sebagai perusahaan yang berperan penting dalam sektor ini.


Komentar Anda

Artikel terkait