Posted: 03 Juli 2017 10:35:45 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 128 kali

Setelah publik dunia digemparkan oleh serangan ransomware WannaCry pada Mei lalu, baru-baru ini sebuah virus komputer yang digadang-gadang lebih mengerikan dari WannaCry disebutkan telah muncul dalam waktu dekat ini. Virus komputer  yang diberi nama Petya ini bahkan dikabarkan telah menyerang wilayah Eropa dan Asia Selatan. Namun, yang terdampak paling parah adalah Ukraina. Tak tanggung-tanggung, virus itu menyerang sektor kelistrikan sampai perbankan.

Dengan cepatnya penyebarang virus tersebut, maka tidak dipungkiri bahwa bisa saja Indonesia menjadi sasaran berikutnya. Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pun telah mengelurakan himbauan agar masyarakat berhati-hati terhadap keberadaan virus Petya ini. Dalam keterangannya, Rudiantara menyebutkan bahwa cara kerja Petya persis WannaCry yakni menyandera data pengguna dengan menerobos celah keamanan dari sistem komputer. Dia pun berpesan kepada masyarakat, agar sebelum mengaktifkan komputernya, diminta untuk melakukan backup data sesegera mungkin, menonaktifkan jaringan LAN sementara, gunakan sistem operasi orisinil dan update secara berkala, kemudian instal antivirus dan update juga secara berkala.

Selain itu, saat ini pihak pemerintahan sendiri juga telah melakukan tindakan pencegahan khusus terhadap serangan virus tersebut dengan terus memantau dan memitigasi pergerakan dari penyebaran virus Petya ini di Indonesia. Notifikasi telah dikeluarkan oleh id-SIRTI (organisasi yang diampu Kemkominfo untuk menangani insiden seperti serangan siber) kepada para mitra yang bekerja sama seperti penyelenggara layanan internet, NAP maupun Kementerian/Lembaga.


Komentar Anda

Artikel terkait