Posted: 20 Mei 2017 12:20:55 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 325 kali

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyebut Indonesia sudah terbebas dari Wanna Cry Ransomware. "Boleh dikatakan hari ini sudah tidak ada isu lagi mengenai WannaCry, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia," katanya di sela Asia Pacific Satellite Communications System International Conference (APSAT) 2017 di Jakarta, Rabu, (17/5/2017) seperti dikutip dari Antara News.

Lebih lanjut, Menkominfo menyebut virus itu tidak terlalu berdampak signifikan di Indonesia. Hal ini karena upaya pencegahan yang tangkas dengan memutus hubungan internet dan mem-back up data. "Nah banyak yang melakukan ini, masuk kantor cabut kabelnya, matikan WiFi dan LAN kemudian secepatnya back up data dan unduh antivirus jadi langsung terproteksi," kata pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Meski demikian, harus diakui adanya pihak yang terinfesi Wanna Cry. Mereka pun belum bisa membuka data yang terenkripsi. Namun, jumlah mereka tidak besar. Jumlah komputer yang terdampak virus tersebut pun hanya puluhan. "Kita tahu Rumah Sakit Dharmais (kena) tapi tidak seluruhnya. Ada juga Samsat di luar Jawa, di Sulawesi, juga ada perusahaan perkebunan dan manufaktur. Tapi hanya puluhan komputer dari mereka dan satu perusahaan mungkin tidak lebih dari 10 unit," katanya.


Komentar Anda

Artikel terkait