Posted: 09 Oktober 2008 13:56:10 by Eko Indarto BeritaNet.com | Dilihat 1937 kali

Pak Eko,
Saya mau berinvestasi pada tahun 2008, tapi dana saya sangat terbatas. Apakah ada investasi yang bisa dilakukan dengan dana terbatas?
(Rio - Padang)


Shalom Rio,

Senang sekali mengetahui Anda ingin mulai berinvestasi. Dengan demikian Anda tidak lagi hanya memikirkan saat ini, tapi juga masa depan. Hal itu juga bagian dari ajaran Alkitab, yaitu selalu berjaga-jaga untuk masa depan.
Banyak cara yang bisa dilakukan dalam berinvestasi. Ada yang menggunakan dana besar. Artinya, investor menyediakan dana besar di awal dan tidak melakukan setoran lagi. Tinggal melihat perkembangan investasinya tiap periode. Tapi ada juga yang berinvestasi dengan cara bertahap. Misalnya harian, mingguan, bulanan dan sebagainya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mencapai kemakmuran di masa depan.

Untuk investasi yang bertahap, memang kita tidak membutuhkan dana besar dan sepertinya ini adalah cara yang bisa Rio lakukan. Sayangnya, saya tidak tahu berapa besar “dana terbatas” menurut Rio. Namun untuk diketahui, saat ini masih ada investasi yang bisa diikuti dengan dana sekitar Rp250 ribu. Saya harap ini bisa Anda lakukan.
Kalaupun tidak, jangan berkecil hati. Anda tetap bisa berinvestasi. Pilihannya bisa bertahap. Tidak harus tiap bulan. Bisa tiap 2 bulan, 3 bulan, dan seterusnya. Yang penting konsisten.


Komentar Anda

Artikel terkait