Posted: 12 Mei 2017 13:56:27 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 237 kali

Pasar tablet semakin lesu. Laporan dari IDC menunjukkan kemerosotan hingga 8,5 persen pengapalan tablet pada kuartal pertama 2017. Dalam kondisi demikian, tablet garapan Apple masih memimpin berkat pengapalan 8,9 juta unit dan market share 24,6 persen.

Meski bertengger di posisi puncak, tetapi pengapalan iPad tahun ini juga tercatat menutun 13 persen dari tahun sebelumnya. Posisi kedua dihuni oleh Samsung dengan pengapalan tablet 6 juta unit dan pangsa pasar 16,5 persen.

Urutan berikutnya adalah Huawei dengan pengapalan 2,7 juta unit dan market share 7,4 persen. Amazon.com menyusul di rangking ke-4 dengan pengapalan 2,2 juta dan pangsa pasar 6,0 persen. Posisi kelima ditempati Lenovo dengan selisih pengapalan cukup tipis, 2,1 juta dan pangsa pasar 5,7 persen.

Sementara itu, IDC menyebut tablet jenis slate atau ‘polos tanpa aksesori’ pasarannya terus merosot. Berbeda halnya dengan tablet tipe detachable yang pasarnya cenderung stabil. Meski demikian, pasar perangkat itu juga mulai terancam dengan PC jenis notebook convertible yang bisa berubah menjadi tablet.


Komentar Anda

Artikel terkait