Posted: 02 Mei 2017 11:49:52 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 64 kali

Nokia mengincar Indonesia untuk menerapkan smart city. Meski demikian, pabrikan asal Finlaindia ini masih menunggu inisiatif Pemerintah Indonesia untuk mewujudkannya. Hal ini mengingat smart city menyangkut banyak hal tak sekedar penggunaan aplikasi.

Smart city bicara tentang keterhubungan pada semuanya. Sebagai contoh, dengan smart city seseorang mengetahui tingkat polusi di seluruh wilayah melalui sensor-sensor yang bisa diakses kapan saja. Contoh lainnya, pemerintah juga bisa mengetahui arus lalu lintas melalui kamera CCTV.

Bicara smart city, kualitas jaringan juga menjadi hal penting. Tak mengherankan jika jaringan data untuk smart city pun menjadi hal yang tak kalah urgent. Mengingat hal tersebut pemerintah diharapkan memiliki aturan yang bisa mendukung implementasi smart city.

Tak kalah penting dengan hal tersebut adalah aplikasi. Kehadiran smart city diharapkan bisa menghindari perbedaan platform antar masing-masing departemen. Hal ini akan berdampak baik pula pada pertukaran data antar departemen pemerintah yang dilakukan secara real time.


Komentar Anda

Artikel terkait