Posted: 09 April 2017 08:48:55 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 142 kali

Dewasa ini, netizen dalam negeri sempat dikagetkan dengan berita seorang hacker remaja yang berhasil membobol 4.600 situs online hingga meraup untung sebesar kurang lebih Rp 4 miliar. Hacker remaja berusia 19 tahun yang diketahui bernama Haikal ini, disebutkan belajar meretas situs secara otodidak. Dia berhasil menjebol 4600 situs termasuk situs milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga situs milik Polri.

Menariknya dari kasus hacker yang diketahui hanya lulusan SMP ini, dalam waktu dekat dikabarkan bahwa Polri berencana akan merekrut Haikal untuk membantu Polri sebagai tim siber dan partner Polri. Tentunya perekrutan ini akan dilakukan setelah proses pidana yang menjerat Haikal selesai. Meski dalam aksinya melakukan pembobolan, Haikal didampingi ketiga temannya, namun menurut Idam, hanya Haikal yang akan direkrut, tiga rekan Haikal tidak ada rencana untuk direkrut.

Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi mengakui Polri memang berencana merekrut Haikal dan hacker-hacker lain untuk membantu sebagai tim siber dan partner Polri. Nantinya, mereka akan menjadi mitra kepolisian untuk urusan dunia siber. Perekrutan ini, menurut Idam, adalah rencana agar remaja yang memiliki kemampuan seperti Haikal bisa berguna bagi bangsa Indonesia.




Komentar Anda

Artikel terkait