Posted: 17 April 2017 10:19:34 by IY**** BeritaNet.com | Dilihat 70 kali

Kabar cukup mengejutkan datang dari dunia ‘luar angkasa’ Bukan soal temuan di luar angkasa, tetapi ini soal temuan analisa terkait ISS oleh anak SMA. NASA dan badan antariksa lain yang terlibat di berbagai misi stasiun luar angkasa internasional (ISS) diketahui telah membuka datanya untuk dianalisa berbagai pihak, termasuk para pelajar dari beberapa negara.

Kru ISS pun baru-baru ini dibuat terkejut oleh temuan siswa SMA asal Inggris yang menemukan kesalahan teknis pada ISS. Pelajar bernama Miles Soloman tersebut melaporkan adanya kerusakan sensor radiasi di ISS. Laporan remaja berusia 17 tahun itu selama ini luput dari pengawasan NASA dan kru ISS.

Temuan Soloman ini bermula saat ia menganalisa tingkat radiasi di ISS. Ia kemudian menemukan sensor menghasilkan angka minus di hasil deteksinya. Padahal, seharusnya angka itu tidak muncul mengingat batas bawah nilai radiasi adalah nol. Hasil temuan tersebut kemudian dilaporkan Soloman ke NASA.

Laporannya pun mendapat sambutan baik dari NASA. NASA sendiri mengaku sebenarnya mengamati kekeliruan tersebut. Namun, kesalahan tersebut diprediksi hanya terjadi sekali dalam satu atau dua tahun. Pada kenyataannya, Soloman mengatakan kesalahan pada sensor radiasi tersebut bisa terjadi beberapa kali dalam sehari. Sementara itu, Solomon mengaku bangga bisa menemukan kesalahan tersebut dan membantu NASA. Keberhasilanya itu rupanya memompanya untuk melanjutkan studi dan ingin menjadi seorang fisikawan.


Komentar Anda

Artikel terkait