Posted: 08 Maret 2017 08:25:40 by Handayani BeritaNet.com | Dilihat 498 kali

WiFi gratisan yang biasanya sering disediakan di berbagai tempat umum, disinyalir merupakan salah satu celah hacker untuk memasukkan virus ke perangkat PC maupun mobile yang kita miliki. Untuk itu, kita harus selalu waspada terhadap fasilitas wifi gratis yang sering kali ditawarkan di tempat umum. Namun jika Anda merasa kesulitan untuk membedakan jaringan WiFi yang aman dan yang tak aman, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini.

Security Advocate Consumer Business Unit Symantec Nick Savvides mengungkapkan bahwa memang sulit membedakan jaringan WiFi gratisan tersebut aman atau tidak. Bahkan dapat dikatakan bahwa tidak ada teknik khusus untuk mengidentifikasi apakah koneksi WiFi aman atau tidak. Meski demikian, Savvides menyebut bahwa ada satu cara untuk menentukan apakah WiFi aman untuk digunakan atau tidak.

Menurut pria yang bertanggung jawab atas keamanan siber Symantec di kawasan Asia Pasifik ini, setiap perangkat yang terkoneksi dengan jaringan WiFi akan muncul notifikasi yang menyatakan tingkat keamanan jaringan. Sebagai contoh, jaringan "secure" atau "not secure". Ada baiknya mulai saat ini Anda tidak mengabaikan peringatan keamanan pada WiFi yang muncul di perangkat. Jika memang tertulis tidak aman, maka pastikan untuk tidak menghubungkan perangkat Anda dengan WiFi.

Selain itu, Savvides juga mengungkapkan bahwa untuk melindungi data dari ancaman kejahatan siber melalui koneksi WiFi, Symantec telah menghadirkan layanan Norton WiFi Privacy. Layanan ini berbentuk VPN (Virtual Private Network) yang melindungi beragam data pengguna seperti password, nomor kartu kredit, serta mencegah akses bagi para hacker yang mungkin menyadap melalui jaringan WiFi yang sama.


Komentar Anda

Artikel terkait